Anda sering terkendala dengan kabel keyboard dan mouse yang berserakan ? Butuh keyboard dan mouse wireless ? Mungkin inilah jawabannya. Bersama Ono disini. Inilah review Logitech Wireless Combo MK345.

Logitech Wireless Combo MK345 adalah sebuah keyboard dan mouse wireless (tanpa kabel) yang diproduksi Logitech. Perangkat ini dapat berfungsi pada sistem operasi Windows dan Chrome OS. Dalam paket penjualannya kita akan mendapatkan satu buah keyboard, 2 buah baterai ukuran AAA, satu buah mouse, 1 buah baterai ukuran AA, receiver, dan buku petunjuk penggunaan.

Logitech Wireless Combo MK345
Paket penjualan Logitech Wireless Combo MK345

Dari segi desain keyboardnya berukuran panjang 18,67 cm, lebar 44,72 cm, dengan bobot 0,60 kg. Berbahan dasar plastik. Dengan lapisan Glossy pada tepi tombol-tombolnya. Terdapat tombol on/off di bagian kanan atas keyboard dan lampu indikator caplock. Sedangkan di bagian bawah terdapat lapisan karet yang berguna untuk mengistirahatkan telapak tangan ketika kita sedang mengetik. Pada bagian belakang terdapat stand untuk mengatur kemiringan keyboard, lubang pembuangan air, dan slot untuk baterai ukuran AAA pada pojok kiri keyboard.

img_20161022_121341_hdr
Lapisan Glossy pada tepi-tepi tombol.
Tombol OnOff Logitech Wireless Combo MK345.jpg
Tombol On/Off dan lampu indikator Caplock
Lapisan karet Logitech Wireless Combo MK345.jpg
Lapisan karet untuk mengistirahatkan telapak tangan
Stand Logitech Wireless Combo MK345.jpg
Stand untuk mengatur kemiringan keyboard
Lubang pembuangan air Logitech Wireless Combo MK345.jpg
Lubang pembuangan air

Sedangkan mousenya berukuran panjang 10,54 cm, lebar 6,79 cm, dengan bobot 0,01 kg. Terbuat dari bahan yang sama dengan keyboard. Di bagian atas mouse terdapat Scroll Wheel, di sebelah kiri kanannya terdapat tombol standar untuk klik kiri dan kanan. Di bawah Scroll Wheel terdapat lampu indikator baterai. Di sisi kiri dan kanan terdapat bantalan yang terbuat dari karet. Berfungsi memperkuat genggaman lengan dan mengistirahatkan jari jempol kita. Di bagian belakang terdapat penutup yang dapat dibuka, berfungsi untuk tempat baterai dan tempat penyimpanan receiver. Terdapat pula tombol on/off dan sensor.

Mouse Logitech Wireless Combo MK345.jpg
Bagian depan dan belakang mouse
Bantalan jari mouse Paket penjualan Logitech Wireless Combo MK345.jpg
Bantalan jari

Beberapa fitur yang ditawarkan produk ini antara lain :

  • 12 tombol Fkey yang berfungsi untuk kontrol media.
  • Daya tahan baterai 48 bulan untuk keyboard dan 18 bulan untuk mouse.
  • Jarak pengoperasian sampai 10 meter.

Tombol Fkey yang disediakan mempermudah saya dalam memutar musik ketika saya sedang mengetik. Saya dapat memplay, pause, mengatur volume up and down dengan mudah. Dalam uji coba yang saya lakukan hanya tombol F12 saya yang tidak dapat berfungsi. Mungkin tidak sesuai dengan sistem operasi yang saya gunakan (sistem operasi yang saya gunakan Windows 7). Fungsi Fkeynya sendiri dapat dikostumisasi menggunakan Setpoint. Namun, sayangnya hanya bisa mengkostumisasi tombol F1-F3.

fkey-logitech-wireless-combo-mk345
Fkey

Daya tahan baterai memang diklaim logitech dapat bertahan 48 bulan untuk keyboard dan 18 bulan untuk mouse. Tetapi, sebenarnya semua itu tergantung pada pola pemakaian kita. Berdasarkan pengalaman saya yang sebelum menggunakan mouse M235. Logitech mengklaim bahwa baterai produk tersebut dapat bertahan hingga 1 tahun. Tapi, pada kenyataannya hanya bertahan 1 bulan lebih. Mungkin, ini disebabkan karena saya selalu memakainya setiap hari dan terkadang saya lupa menekan tombol dari on ke off.

Jarak pengoperasian yang bisa sampai 10 meter menurut saya agak kurang bermanfaat. Karena sampai saat ini saya belum menemukan keadaan dimana saya harus menggunakan keyboard ukuran standar dengan jarak 10 meter dari layar. Tapi, lumayan lah untuk berjaga-jaga kalau keadaan itu tiba-tiba terjadi.

Dari segi kenyamanan, tombol-tombol di keyboard terasa cukup empuk dan responsif. Terdapat bantalan di keyboard dan mouse sehingga dapat mengistirahatkan jari dan telapak tangan kita ketika lelah. Hal yang kurang dari produk ini adalah tidak mendukung Unifying Ready. Itu artinya jika receiver bawaan hilang, maka perangkat ini tidak dapat berfungsi. Selain itu, bahan dasarnya yang plastik terasa kurang mewah untuk dipandang. Tapi, mengingat harganya yang 325 -400 ribuan. Saya rasa itu dapat dimaklumi. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya saya rasa produk ini layak untuk dibeli.

Layak dibeli, kalau kita punya uang.

Bagaimana menurut anda ? Punya pertanyaan atau pendapat ? Silahkan komentar di kolom komentar di bawah.

Saya Mas Wahono.

See you on next the review.

Salam, Juru Review.

Advertisements