Pada review game pertama ini saya ingin mereview salah satu game dari developer Indonesia, minimo. Selain info dibawah ini. Tidak banyak yang saya ketahui tentang developer game yang satu ini.

Info Mini Racing Adventure.png
Info

Saat saya melakukan review ini. Game ini telah terdownload lebih dari 10 juta download. Sebuah pencapaian yang baik. Mengingat industri game di Indonesia apalagi Android masih belum begitu besar. Hal itu pula lah yang membuat saya memutuskan untuk mereview game yang satu ini.  Jadi, sebaik apakah game yang satu ini. Bersama Ono di sini. Inilah review game mini racing adventures.

Gameplay

Dalam game ini kita akan berperan sebagai seorang pengemudi yang harus melintasi lintasan dari titik A ke titik B. Seiring perjalanan kita akan dihadapkan dengan berbagai rintangan seperti tanjakan atau turunan. Dibeberapa titik juga kita akan berhadapan dengan tong yang dapat meledak.

tanjakan

turunan

tong-meledak

Dalam perjalanan tersebut kita dapat mengumpulkan koin dan bensin yang disebar di beberapa titik. Koin berfungsi untuk membeli kendaraan dan lintasan yang terkunci. Sedangkan bensin berfungsi sebagai bahan bakar dalam permainan ini.

Koin.jpg

Bensin.jpg

Ada beberapa kondisi yang membuat kita game over dalam game ini, antara lain : terjatuh dari kendaraan, tersangkut, atau bensin yang kita miliki habis.

Grafis

Grafis yang ditampilkan adalah berjenis side scrolling dengan sentuhan 3D. Dalam game ini kita akan dimanjakan dengan berbagai pilihan kendaraan dan lintasan. Pada saat memulai game, kita hanya dapat memilih satu kendaraan dan satu lintasan. Kendaraan dan lintasan lain akan terbuka dengan cara menukarkan koin yang kita dapatkan sepanjang permainan.

kendaraan

lintasan

Kita juga dapat melakukan upgrade pada kendaraan yang kita miliki. Seperti mesin, suspensi, ban, rangka, dan daya tampung bahan bakar.

upgrade-kendaraan

Saat melakukan upgrade tidak terjadi perubahan pada bentuk kendaraan. Tetapi, kita dapat merasakan perubahan kecepatan, keseimbangan, dan jarak tempuh yang dimiliki kendaraan kita.

Mode permainan

Ada beberapa mode permainan yang dapat kita pilih. Ada mode offline dan mode online. Single Mode, Ghost Mode, Battle Mode adalah mode yang dapat kita mainkan secara offline. Sedangkan mode yang hanya bisa dimainkan dalam secara online adalah mode Live Multiplayer dan Play With Friend.

Mode Permainan.jpg
Mode Permainan

Single Mode

Single Mode.jpg
Single Mode

Pada mode permainan ini kita akan bermain seorang diri. Kita ditantang untuk menyelesaikan rintangan yang ada dan berjalan sejauh mungkin.

Ghost Mode

Ghost Mode.png
Ghost Mode

Pada mode permainan ini kita akan melawan bayangan kita sendiri. Pada mode ini kita akan mendapatkan koin tambahan pada setiap level yang kita lewati jika menang melawan bayangan.

Battle Mode

Battle Mode.png
Battle Mode

Mode permainan ini sama dengan Ghost Mode. Perbedaannya adalah bayangan yang kita lawan akan bertambah kuat di setiap level yang kita lewati.

Live Multiplayer

Live Multiplayer Mode.png
Live Multiplayer Mode

Pada mode ini kita akan bermain melawan pemain lain yang bermain game ini diseluruh dunia. Pemain yang akan kita lawan tidak bisa ditentukan. Semua dipilih secara random.

Play With Friend

Play With Friend Mode.png
Play With Friend Mode

Mode permainan ini hampir sama dengan mode Live Multiplayer. Tetapi, kita dapat membuat room sendiri. Sehingga, lawan yang akan kita lawan bisa lebih spesifik.

Kesimpulan

Gameplay yang ditawarkan oleh Mini Racing Adventures bukanlah sesuatu yang baru. Jika anda pernah bermain Hill Climb Racing. Maka, gameplay yang ditawarkan tidak jauh berbeda. Tetapi, sentuhan pada grafis 3 dimensinya membuat game ini memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan. Ditambah lagi kita bisa bermain secara online.

Salah satu hal yang saya perhatikan ketika bermain game adalah seberapa sulit sebuah game dimainkan. Tentu akan mengesalkan jika game terlalu sulit untuk dimainkan. Tetapi, akan sangat membosankan jika game terlalu mudah untuk dimainkan. Pada permainan ini saya rasa tingkat kesulitannya berada pada tingkat medium. Tidak terlalu sulit dan tidak terlalu mudah. Namun, jika dibandingkan dengan Hill Climb Racing. Permainan ini setingkat lebih sulit.

Ada dua hal yang kurang dari game ini  menurut saya. Pertama, pilihan jumlah lintasan lebih sedikit dari jumlah kendaraannya. Dengan sedikitnya pilihan tersebut maka makin sedikit pula hal yang dapat dieksplor. Kedua, tidak ada perubahan bentuk pada saat melakukan upgrade kendaraan. Perubahan bentuk itu memang bukan hal yang terlalu penting. Tetapi, jika bisa ditambahkan pastinya akan menambah saya penasaran pemain untuk mengeksplor game ini lebih jauh.

Diluar kedua hal tersebut saya rasa tidak ada lagi kekurangan yang mengganggu. Jadi, pantaskah game ini untuk dimainkan ? Ya. Jika anda ingin memainkan game ringan dengan grafis yang menarik. Mini Racing Adventures adalah pilihan yang tepat.

Saya Mas Wahono, pamit.

See you on the next review.

Salam, JuruReview.

Punya pertanyaan atau pendapat berbeda ? silahkan komen di kolom komentar di bawah.

Advertisements