WhatsApp sebagai aplikasi pesan singkat yang paling banyak didownload saat ini, baru saja menambahkan Video Call sebagai fitur terbarunya. Video Call memang bukan sesuatu yang baru. Aplikasi sejenis seperti LINE telah menyediakan fitur ini jauh sebelumnya. Tapi, sebagai aplikasi pesan singkat yang paling banyak didownload. Maka, kehadiran fitur Video Call menjadi sesuatu yang dinantikan oleh banyak orang termasuk saya. Karena penasaran saya pun akhirnya memutuskan untuk mencoba fitur ini.

Bersama Ono disini. Inilah review singkat Video Call dari WhatsApp.

Cara mengaktifkan fitur video call

Untuk mengaktifkan fitur ini, kita harus pastikan bahwa aplikasi WhatsApp yang kita miliki sudah terupdate pada versi terbaru. Versi 2.16.352. Untuk sistem operasi yang disarankan minimal versi 4.1 (Jelly Bean) untuk android dan iOS 8 untuk perangkat apple.

versi-whatsapp-2-16-352

Setelah anda pastikan kedua hal tersebut. Pilih kontak yang ingin anda hubungi. Pada pojok kanan atas. Tekan tanda telpon. Setelah anda menekannya akan keluar pilihan Voice Call dan Video Call. Silahkan pilih Video Call. Maka, Video Call pun akan berjalan.

Mengaktifkan video call Whatsapp.jpg

Icon

flip-camera

Pada video call ini ada 4 icon yang muncul. Icon pada pojok kiri bawah berfungsi untuk memutar kamera, dari kamera depan ke kamera belakang begitu juga sebaliknya. Fungsi ini sangat berguna bagi saya ketika ingin menunjukkan sesuatu yang ada didepan saya kepada teman Video Call saya. Jadi, kita tetap bisa menunjukkan suatu hal didepan kita tanpa perlu memutar-mutar handphone. Ditengah ada icon untuk menuju ke pesan whatsapp dan diatasnya terdapat icon untuk menutup video call. Dipojok kanan bawah terdapat icon mute.

Kesan Pertama

Saat pertama kali menggunakan fitur ini, saya tidak merasakan hal yang berbeda dengan fitur video call aplikasi lainnya. Untuk masalah kualitas gambar saya tidak bisa berkomentar banyak. Karena kualitas gambar pada video call sangat bergantung pada kamera dan koneksi internet yang anda miliki.

Dengan bertambahnya fitur ini maka makin banyak hal yang bisa dilakukan WhatsApp. Jadi, apa lagi berikutnya ? Google Assistant ala facebook ? ya, mungkin saja.

Saya Mas Wahono, pamit.

See you on the next review.

Salam, JuruReview.

Punya pertanyaan atau pendapat berbeda ? silahkan komen di kolom komentar di bawah.

