Google Maps sebagai salah satu penyedia layanan peta digital telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari para pengguna android. Karena secara default produk-produk dari google telah terinstall di setiap smartphone android yang saat ini dijual dipasaran. Ada yang menduga ini adalah bentuk monopoli yang dilakukan google. Tapi, google sendiri dalam beberapa artikel yang pernah saya baca menyanggah hal tersebut. Google mengatakan penginstalan tersebut dilakukan untuk memberikan pengalaman yang sesungguhnya dari sistem operasi android.

Terlepas dari segala kontroversi tersebut. Tahukah kamu kalau aplikasi yang satu ini bisa diakses secara offline ?

Bersama Ono di sini. Inilah review singkat dari google maps offline.

Cara mengaktifkan

Buka aplikasi google maps yang anda miliki. Tekan pilihan pajak pojok kanan atas.

google-maps-offline-1-1

Tekan offline areas. Lalu, tekan custom area.

Google Maps Offline 2.2.jpg

Setelah itu pilih daerah yang ingin anda jelajahi, anda bisa menggesernya ke atas, bawah, kanan, kiri, besar daerah yang ingin anda jelajahi juga bisa dipilih sesuai keinginan anda. Setelah anda memilih daerah yang anda inginkan, tekan download.

Google Maps Offline 3.3.jpg

Selesai, google maps pun bisa anda gunakan secara offline.

google-maps-offline-6

google-maps-offline-7

google-maps-offline-8

Kelemahan

Karena aplikasi ini bersifat offline maka ada beberapa kelemahan yang akan kita temui. Antara lain :

  1. Tidak dapat menunjukkan keadaan lalu lintas secara real time.
  2. Hanya bisa menjelajah daerah yang didownload saja.
  3. Untuk daerah yang telah terdownload ada masa kedaluwarsanya. Untuk mengupdate peta yang telah terdownload anda perlu sambungan internet. Jika update ini tidak anda lakukan maka perubahan-perubahan pada peta yang anda download tidak dapat terlihat.

Kesimpulan

Melihat kelemahan yang ada. Google maps offline tidak cocok untuk anda yang ingin menggunakan peta untuk menghindari kemacetan. Karena ketika offline google maps tidak dapat menunjukkan keadaan lalu lintas yang ada. Saya sendiri hanya menggunakan ini ketika tidak terburu-buru untuk sampai ke tempat tujuan. Saya hanya menggunakannya sebagai petunjuk jalan ke daerah yang belum saya ketahui.

Sepanjang saya menggunakan aplikasi ini, tidak ada keluhan yang berarti. Aplikasi menunjukkan tempat tujuan saya dengan tepat. GPS pun dapat terkunci dengan lebih cepat karena peta yang ada telah terdowload sebelumnya. Dan yang paling penting menghemat paket data.

Melihat berkembangnya jenis usaha seperti Gojek, Grab, dan Uber. Saya rasa aplikasi peta digital akan banyak berkembang dimasa yang akan datang. Dengan terus berkembangnya aplikasi peta digital kita menjadi lebih mudah untuk menjelajah. Karena google #SelaluTauIndonesia

Selamat menjelajah, selamat berakhir pekan.

Saya Mas Wahono, pamit.

See you on the next review.

Salam, JuruReview.

Punya pertanyaan atau pendapat berbeda ? silahkan komen di kolom komentar di bawah.

Advertisements