Sabtu, 26 November 2016. Video musik resmi dari lagu berjudul monokrom yang diciptakan dan dinyanyikan Tulus resmi dirilis. Lagu monokrom sendiri adalah salah satu lagu yang ada di album ke 3 Tulus yang berjudul sama, monokrom. Album monokrom telah dirilis sejak 3 agustus 2016. Album digitalnya dapat anda temui di iTunes, Spotify, Joox dll.

Saat saya menulis tulisan ini, video tersebut telah ditonton sebanyak 109.161 kali. Dan pastinya akan terus bertambah, mengingat video ini baru dirilis dua hari yang lalu.

Pertama kali saya menonton video ini sudah terasa ciri khas dari Tulus. Video musik dari Tulus selalu punya warna yang lembut. Bahkan, mungkin cenderung ke abu-abuan. Konsepnya pun sederhana dan apa adanya. Saya sendiri sebenarnya tidak terlalu menunggu-nunggu video musik yang satu ini. Karena saya sendiri sudah sangat suka dengan lagu monokrom sejak pertama kali mendengarkannya. Menurut saya bagian terkuat dari Tulus adalah suaranya yang luar biasa dan pemilihan kata dalam lirik-lirik lagunya.

Tulus dengan album ketiganya ini ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah mendukungnya hingga saat ini.

“Ungkapan terima kasih yang paling merdu yang bisa saya lakukan untuk ibu saya, kakak saya, sahabat saya, yang terlibat dalam perjalanan karier musik saya,” kata Tulus. (dikutip dari seleb.tempo.co)

Saat saya mendengarkan lagu monokrom ini. Lagu ini jadi seperti rangkuman rasa terima kasih tersebut.

“ini lagu untukmu… ungkapan terima kasih ku…”

Ya, Tulus. Terima kasih juga karena telah jadi warna yang berbeda di musik Indonesia. Terima kasih telah jadi obat dari pencinta kata-kata seperti saya.

Bagian paling menarik dari sebuah lagu adalah setiap yang mendengarkan punya rasa dan artinya sendiri.

Jadi, apa rasa dan arti lagu ini bagi kamu ?

Saya Mas Wahono, pamit.

Salam, JuruReview.

