Semakin berkembangnya perangkat seperti tablet dan smartphone sedikit banyak memberikan banyak kemudahan kepada kita. Jika dulu kita masih sering menggunakan laptop atau perangkat komputer untuk mengerjakan sebuah dokumen. Maka, saat ini kita bisa menggunakan tablet atau smartphone. Tetapi, ketidakhadiran tombol fisik pada tablet atau smartphone membuat kenyamanan dalam mengetik berkurang. Untuk mengurangi ketidaknyamanan itu salah satu solusinya adalah menggunakan keyboard portable.

Logitech sebagai salah satu produsen mouse dan keyboard berusaha memberikan solusi tersebut. Melalui produknya yang diberi nama Logitech Multi Device Bluetooth Keyboard K380. Dengan produk tersebut Logitech berusaha memberikan kemudahan untuk kalian yang memiliki mobilitas tinggi.

Kemudahan apa yang akan kita dapat ? Bersama saya Ono di sini. Inilah review Logitech Multi Device Bluetooth Keyboard K380.

Paket Penjualan

Dalam paket penjualan kita akan mendapatkan 1 buah keyboard, 2 buah baterai ukuran AAA, 1 dokumen garansi, 1 petunjuk penggunaan.

paket-penjualan-logitech-multi-device-bluetooth-keyboard-k380

Desain

Logitech Multi Device Bluetooth Keyboard K380 memiliki dimensi.

  • Tinggi: 124 mm (4,9 inci)
  • Lebar: 279 mm (10,9 inci)
  • Kedalaman: 16 mm (0,6 inci) termasuk alas
  • Berat: 423 g (14,92 oz) termasuk baterai

Ukurannya lebih kecil dari keyboard standar pada umumnya. Ukurannya yang kecil ini disebabkan karena tidak tersedianya tombol numlock yang biasanya berada pada bagian kanan keyboard.

perbandingan-logitech-multi-device-bluetooth-keyboard-k380

Bentuk tombol pada keyboard berbentuk membulat bukan kotak seperti pada keyboard pada umumnya.

perbandingan-logitech-multi-device-bluetooth-keyboard-k380-2

Pada bagian kiri atas terdapat 3 tombol switch bluetooth. Pada bagian sisi kanan keyboard terdapat tombol on/off. Di bagian bawah terdapat slot untuk memasukkan baterai dan di keempat sudutnya terdapat bantalan. Fungsi bantalan tersebut untuk menjaga keyboard tetap kokoh jika ditaruh di meja.

bagian-atas-2-logitech-multi-device-bluetooth-keyboard-k380
Tombol Switch Bluetooth dan tombol On/Off
bagian-bawah-2-logitech-multi-device-bluetooth-keyboard-k380
Bantalan dan slot baterai

Konektivitas

Koneksi yang digunakan untuk menyambungkan perangkat anda dengan keyboard ini adalah bluetooth 3.0 . Sistem operasi yang didukung antara lain :

  • PC: Windows® 7, Windows 8, Windows 10 atau versi terbaru
  • Mac: Mac OS 10.10 atau versi terbaru
  • Chrome OS™
  • Tablet atau smartphone Android™: Android 3.2 atau versi terbaru
  • iPad atau iPhone: iOS 5 atau versi terbaru
  • Apple TV® Generasi ke-2 dan ke-3

Untuk menyambungkan keyboard kepada perangkat yang kita miliki, anda dapat melihat caranya pada video berikut ini.

Fitur

Fitur yang paling menarik menurut saya selama menggunakan keyboard ini adalah Easy Switch. Easy Switch adalah sebuah fitur yang memungkinkan kita secara bergantian menyambungkan keyboard ini pada tiga perangkat sekaligus. Hanya dengan menekan tombol 1,2 atau 3 kita dapat menukar perangkat yang terhubung dengan keyboard ini.

Contoh :

Tombol 1 disambungkan ke smartphone android. Tombol 2 disambungkan ke iphone. Tombol 3 disambungkan ke PC. Ketika kita sedang menggunakan keyboard untuk PC lalu ingin menggunakannya untuk iphone maka kita hanya perlu menekan tombol 2. Sehingga kita tidak perlu lagi melakukan pairing dan unpairing.

Selain fitur diatas, ada satu fitur yang menurut saya juga menarik. Fitur itu adalah F-key function yang bisa dijalankan di berbagai macam sistem operasi. Dengan fitur ini saya bisa menjalankan musik dan mengatur volume suara pada smartphone android saya dari keyboard secara langsung. Bahkan saya bisa melakukan fungsi back, home, dan recent apps di smartphone android saya melalui keyboard ini. Sehingga, intensitas saya menekan smartphone menjadi sedikit berkurang.

Kesimpulan

Setelah pemakaian sekitar 2 minggu saya dapat mengatakan bahwa keyboard ini adalah keyboard bluetooth paket lengkap dengan harga terbaik. Dengan harga sekitar 320 – 400 ribuan, saya rasa tidak ada keyboard bluetooth yang memiliki kualitas sebaik keyboard ini. Desainnya simple, clean, dan ringkas. Dapat terhubung dengan tiga perangkat sekaligus. Mendukung berbagai macam sistem operasi. Tombol-tombol terasa nyaman ketika ditekan, walaupun mungkin akan terasa sangat kecil jika anda memiliki jari yang besar.

Bentuknya yang tidak terlalu besar juga membuat saya bisa membawanya kemana-mana. Jika dulu harus membawa laptop untuk mengetik dokumen diluar. Sekarang hanya cukup membawa tablet dan keyboard ini, jika keperluannya hanya mengetik saja.

Hal yang mungkin menggangu saya adalah penutup baterainya yang terasa ringkih dan mudah patah jika tidak dibuka dengan hati-hati. Selain itu tidak ada pengait atau dock untuk menaruh perangkat kita. Sehingga, kita harus membeli dock terpisah untuk menaruh perangkat kita.

Logitech Multi Device Bluetooth Keyboard K380 4.jpg

Bagaimana menurut anda ? Punya pertanyaan atau pendapat ? Silahkan komentar di kolom komentar di bawah.

Saya Mas Wahono.

See you on next the review.

Salam, Juru Review.

Advertisements