Mengawali 2017 ini, JuruReview kedatangan sebuah mouse dari Logitech. Produk yang kali ini akan kami review adalah Logitech Wireless Mouse B175. Sebuah mouse murah meriah di kelasnya.

Tanpa berlama-lama lagi. Bersama Ono di sini. Inilah review Logitech Wireless Mouse B175.

Paket Penjualan

paket-penjualan-logitech-wireless-mouse-b175

Dalam paket penjualannya kita akan mendapatkan 1 buku garansi, 1 buku petunjuk penggunaan, 1 baterai ukuran AA, 1 receiver, dan 1 Logitech Wireless Mouse B175.

Desain

Mouse secara keseluruhan terbuat dari bahan plastik. Dengan lapisan cat matte pada bagian atas dan bawah. Pada bagian atas terdapat tombol standar klik kiri dan kanan. Scrool Wheel pada bagian tengah juga dapat ditekan sebagaimana mouse standar pada saat ini. Dibawahnya terdapat logo logitech yang sepertinya hanya berfungsi sebagai hiasan dan tidak dapat menyala.

bagian-atas-bawah-logitech-wireless-mouse-b175

Bagian bawahnya dapat dibuka. Terdapat slot untuk menaruh baterai dan receiver. Pada bagian atas terdapat tombol on/off dan tidak jauh dari tombol tersebut terdapat sensor. Selain itu ada 3 bantalan yang berfungsi untuk menahan mouse agar tidak terlalu licin ketika digunakan.

Beralih kebagian samping, terdapat lapisan glossy pada bagian sisi mouse. Pada bagian samping kiri dan kanannya terdapat bantalan karet yang menambah grip saat menggenggam.

bagian-samping-logitech-wireless-mouse-b175

Receivernya sendiri memiliki ukuran yang kecil. Lebih kecil dari jari jempol saya. Sehingga, jika tidak disimpan dengan benar. Bisa dipastikan anda akan kesulitan mencari benda yang satu ini. Dan jika bicara jempol. Jangan lupa memberi like pada akhir review ini jika anda menyukai review ini.

receiver-logitech-wireless-mouse-b175

Fitur

Jangkauan sinyal panjang. Dengan konektivitas wireless 2.4 GHz. Panjang jangkauannya bisa mencapai 10 meter (jarak dari mouse ke receiver). Walaupun sebenarnya kita tidak butuh jangkauan sejauh itu. Karena, siapa juga yang mau mengoperasikan mouse sejauh 10 meter dari laptop atau pc ? Ya, setidaknya itulah yang saya rasakan. Seperti yang saya tulis pada review saya sebelumnya.

Daya tahan baterai yang lama. Logitech mengklaim bahwa baterai pada mouse ini dapat bertahan sampai 12 bulan. Tapi, untuk urusan baterai sebenarnya sangat tergantung kepada kualitas baterai yang anda gunakan. Selain itu, pola pemakaian juga menjadi salah satu faktor lama tidaknya daya tahan sebuah baterai.

Unifying sistem. Logitech Wireless Mouse B175 telah mendukung Unifying sistem. Unifying adalah sebuah teknologi dari Logitech yang memungkinkan kita menghubungkan produk yang mendukung unifying dapat saling terhubung dengan satu receiver. Sehingga, jika keyboard anda mendukung unifying anda dapat menggunakannya bersamaan dengan mouse ini hanya dengan menggunakan satu receiver. Membuat kita hemat port usb. Receiver unifying sendiri dijual terpisah.

Kenyamanan

Dengan ukuran panjang 9,9 cm, lebar 3,9 cm, dan berat 75 gram. Logitech Wireless Mouse B175 terasa pas untuk digenggam oleh tangan saya yang tidak terlalu besar. Selain itu, mouse ini juga terasa ringan dan mudah dibawa karena beratnya hanya 75 gram (tanpa baterai).

atas-1-logitech-wireless-mouse-b175

bawah-1-logitech-wireless-mouse-b175

Hal yang paling membuat saya tidak nyaman adalah lapisan cat matte yang menyelubungi mouse ini. Lapisan itu membuat mouse bagian atas menjadi kesat jika digunakan terlalu lama. Mungkin, akan lebih baik jika lapisannya glossy.

Kesimpulan

Saya sebenarnya terkejut ketika mengetahui mouse ini hanya dihargai kurang dari 100 ribu. Saya rasa mouse ini adalah mouse wireless termurah dari Logitech. Saya pribadi merekomendasikan produk ini untuk anda yang memiliki budget 100 ribu. Tapi, jika anda memang memiliki budget lebih dari 100 ribu. Sebaiknya jangan membeli produk ini.

Dengan harga kurang dari 100 ribu, Logitech Wireless Mouse B175  memiliki banyak keunggulan. Produk yang satu ini setidaknya memenuhi kebutuhan sebagai mouse wireless yang baik. Tapi, mengingat harganya yang kurang dari 100 ribu maka ada hal yang perlu dikorbankan. Salah satu hal yang menurut saya dikorbankan adalah build qualitynya. Dari pengetesan yang saya lakukan, lapisan cat pada bagian bawah mouse terasa kasar dan seadanya. Tombol on/off juga sedikit sulit untuk digeser. Walaupun mungkin hal tersebut tidak mengganggu fungsi secara keseluruhan tapi tentu ini menjadi sebuah kekurangan. Setidaknya itulah hal yang saya rasakan terhadap unit yang saya miliki.

Jadi, Logitech Wireless Mouse B175 itu murah, nyaman, dan baik. Tapi, jauh dari kata sempurna. Seperti yang saya tulis diatas. Jika anda memiliki budget lebih dari 100 ribu. Saya sarankan anda membeli produk Logitech dengan seri yang lain.

Bagaimana menurut anda ? Punya pertanyaan atau pendapat ? Silahkan komentar di kolom komentar di bawah.

Saya Mas Wahono. Undur diri.

See you on next the review.

Salam, Juru Review.

Advertisements