Kebutuhan akan smartphone saat ini tidak dapat lagi dipungkiri. Kamera yang makin hari makin baik kualitasnya. Ukuran penyimpanan data yang terus bertambah. Sekumpulan aplikasi yang memudahkan pekerjaan kita. Serta, berbagai hal lainnya yang membuat sebuah ponsel disebut smartphone. Dari sekian banyak hal tersebut salah satu hal paling penting dari sebuah smartphone adalah baterai.

Dari tahun ke tahun para produsen ponsel mengeluarkan smartphone dengan kapasitas baterai yang besar. Semua itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan smartphone yang dapat menyala dengan waktu yang cukup lama. Selain itu, teknologi fast charging juga terus dikembangkan. Teknologi fast charging membuat durasi pengisian baterai menjadi lebih singkat dari sebelumnya. Tapi, tentu ada saat-saat dimana kita tidak dapat melakukan isi ulang baterai karena tidak ada sumber listrik disekitar kita. Maka, hadirlah sebuah produk yang disebut Powerbank.

Bagi anda yang pengguna smartphone tentu tidak asing lagi dengan produk yang satu ini. Seperti produk yang satu ini Xiaomi Powerbank 5000mAh. Bersama Ono disini. Inilah review Xiaomi Powerbank 5000mAh.

Dalam kotak

1 Xiaomi Powerbank 5000mAh, 1 kabel USB, 1 lembar panduan penggunaan. Dalam panduan penggunaan kita akan diberikan penjelasan tentang bagaimana memeriksa keaslian dari powerbank xiaomi yang kita beli.

dalam-kotak-xiaomi-powerbank-5000mah

Pada produk yang asli terdapat serial number didepan kotak produk. Serial number ini dapat digunakan untuk memeriksa keaslian produk yang kita beli. Berikut adalah cara memeriksa keaslian powerbank dari xiaomi.

serial-number-xiaomi-powerbank-5000mah

Gosok serial number yang terdapat pada kardus kemasan. Setelah itu buka www.mi.com/verify melalui perangkat anda. Masukkan serial number yang anda gosok tadi.

memasukkan-serial-number-xiaomi-powerbank-5000mah

Maka, akan muncul notifikasi seperti berikut.

hasil-verifikasi-xiaomi-powerbank-5000mah

Dari notifikasi diatas dapat dilihat, kalau powerbank yang saya review adalah produk asli. Dalam notifikasi juga terlihat kalau serial number sudah dicek 2 kali. Pertama saat saya pertama kali membeli dan yang kedua saat saya melakukan review ini. Jadi, jika powerbank xiaomi yang anda miliki tidak terdapat serial number seperti yang telah saya jelaskan diatas. Dapat dipastikan produk yang anda beli palsu.

Desain

Keseluruhan badan powerbank dibalut dengan lapisan metal yang terasa dingin ketika disentuh. Sedangkan bagian atas dan bawahnya dilapisi dengan plastik keras. Bagian sisi kiri dan kanan dibuat melengkung dan cenderung membulat sehingga nyaman untuk digenggam. Namun sayangnya bagian sisi atas dan bawah terasa tidak halus dan cenderung tajam.

bagian-samping-xiaomi-powerbank-5000mah

Pada bagian depan terdapat logo mi dan bagian belakang terdapat tulisan mi.com.

depan-belakang-xiaomi-powerbank-5000-mah

Bagian atas terdapat tombol power, 4 lampu indikator, Port USB, dan Port Micro USB. Sedangkan bagian bawah terdapat keterangan kapasitas baterai dan keterangan produksi lainnya.

bagian-atas-bawah-xiaomi-powerbank-5000mah

Kenyamanan

Bicara kenyamanan. Bagian atas dan bawah yang cenderung tajam agak sedikit mengganggu saya ketika memandang dan menyentuh bagian tersebut. Saya sangat menyarankan untuk membeli cover atau silicon tambahan. Selain untuk menutupi bagian tersebut. Silicon juga berfungsi untuk menjaga powerbank anda tetap bersih.

silicon-xiaomi-powerbank-5000mah

Dari segi kecepatan mengisi baterai. Powerbank ini dari kondisi kosong sampai penuh memerlukan warna pengisian sekitar 6 jam. Sedangkan ketika disambungkan ke Redmi 2 saya. Redmi 2 saya dapat terisi secara penuh kurang lebih 5 jam (dengan kondisi pengisian dari 0% ke 100%). Dengan kapasitas 5000mAh, powerbank ini dapat memenuhi kebutuhan 2 kali pengisian baterai Redmi 2 saya.

pengamanan-xiaomi-powerbank-5000mah

Dari segi keamanan, chipsetnya sendiri diproduksi oleh Texas Instruments. sebuah perusahaan Amerika Serikat yang berpusat di Dallas, Texas, Amerika Serikat, yang mengembangkan dan memasarkan semikonduktor dan teknologi komputer.  Pada tahun 2011, Texas Instruments menempati peringkat 175 dalam Fortune 500. Walaupun tidak banyak hal yang saya tahu tentang produsen yang satu ini. Tapi, melihat reputasinya saya merasa aman menggunakan powerbank ini.

Kesimpulan

Ukuran yang kecil dan ringan membuat Powerbank Xiaomi 5000mAh mudah untuk dibawa. Desainnya yang minimalis juga enak untuk dilihat. Akan tetapi xiaomi sepertinya kurang memperhatikan detail yang ada pada produknya. Seperti yang telah saya dijelaskan diatas. Ada bagian-bagian runcing yang sebenarnya akan lebih baik jika dibuat melengkung.

Kapasitas baterainya yang hanya 5000mAh memang bukan diperuntukkan untuk anda yang memiliki mobilitas tinggi. Tapi, untuk anda yang hanya menggunakan smartphone hanya untuk sosial media dan sedikit game. Kapasitas 5000mAh adalah kapasitas yang lebih dari cukup.

Selama menggunakan powerbank ini selama kurang lebih 1 tahun. Saya tidak pernah mengalami kendala dalam menggunakannya. Sampai review ini dituliskan powerbank ini masih dapat berfungsi dengan baik. Walaupun seiring pemakaian harian, kualitasnya memang makin menurun. Tapi, saya rasa hal itu wajar. Mengingat pemakaiannya yang hampir setiap hari.

Diwebsite officialnya sendiri powerbank ini dihargai dengan harga 149.000. Untuk saat ini stoknya sendiri tidak tersedia diwebsite officialnya. Tapi, anda dapat mencarinya di berbagai toko online lainnya. Tapi, pastikan keasliannya lewat serial number yang telah saya jelaskan diatas. Dengan harga yang ditawarkan. Produk ini memberikan kualitas yang baik. Jadi, daripada membeli powerbank dengan kapasitas besar yang diragukan keasliannya. Kenapa tidak membeli Xiaomi Powerbank 5000mAh ?

samsung-palsu

Bagaimana menurut anda ? Punya pertanyaan atau pendapat ? Silahkan komentar di kolom komentar di bawah.

Saya Mas Wahono. Undur diri.

See you on next the review.

Salam, Juru Review.

Advertisements