Perangkat hiburan dari hari ke hari makin berkembang. Jika dulu kita hanya bisa mengakses internet melalui perangkat PC. Maka, hari ini kita bisa mengaksesnya melalui telepon genggam. Tetapi, ukuran telepon genggam yang tidak terlalu besar terkadang tidak dapat memuaskan mata kita ketika sedang menikmati hiburan seperti menonton video atau browsing. Maka, muncullah perangkat-perangkat seperti chrome cast dan smart TV. Dengan kedua perangkat tersebut kita dapat mengakses internet melalui TV. Sehingga kita dapat merasakan pengalaman mengakses internet dengan cara yang lebih menyenangkan. Karena ukuran layar lebih besar dan kualitas suara lebih baik.

Untuk melengkapi pengalaman tersebut, para produsen elektronik berlomba-lomba untuk menciptakan aksesoris yang dapat mendukung pengalaman tersebut. Salah satunya adalah Microsoft All In One Media Keyboard. Bersama Ono di sini. Inilah Review Microsoft All In One Media Keyboard.

Dalam Kotak

dalam-kotak-microsoft-all-in-one-media-keyboard

Dalam kotaknya kita akan menjumpai 1 Microsoft All In One Media Keyboard, 2 buku panduan penggunaan, 1 buku petunjuk garansi, 1 lembar keterangan serial number, 1 receiver wireless, dan 2 baterai ukuran AAA.

Desain

Unit yang saya miliki berwarna hitam. Keseluruhan badan keyboard termasuk dengan tombol-tombolnya terbuat dari plastik. Keyboard dilapisi dengan lapisan cat matte yang halus ketika disentuh.

tombol-tombol-microsoft-all-in-one-media-keyboard

Tetapi pada bagian sisinya terlihat dilapisi dengan cat glossy sehingga akan terlihat mengkilap jika terkena cahaya. Pada bagian sisinya, tepatnya pada bagian kanan terdapat tombol on/off.

sisi-sisi-microsoft-all-in-one-media-keyboard

tombol-on-off-microsoft-all-in-one-media-keyboard

Pada bagian atas terdapat beberapa tombol shortcut. Tombol shortcut tersebut terdapat pada bagian kiri dan kanan. Pada bagian kiri keyboard terdapat tombol klik kiri, menaikan dan menurukan volume suara, dan mute. Sedangkan pada bagian kanan keyboard terdapat tombol home, music, my document, dan trackpad. Tepat diatasnya terdapat tulisan Microsoft dan lampu indikator on/off.

shortcut-microsoft-all-in-one-media-keyboard-1

shortcut-microsoft-all-in-one-media-keyboard-2

Pada bagian bawah terdapat slot untuk untuk baterai dan receiver. Pada bagian slot receiver terdapat detail kecil yang menurut saya sangat berguna. Pada slot ini terdapat magnet sehingga membuat receiver tidak mudah jatuh.

slot-baterai-microsoft-all-in-one-media-keyboard

Selain itu disudut-sudutnya juga terdapat bantalan karet. Dengan bantalan ini, keyboard menjadi tidak licin jika ditaruh dimeja atau bidang lainnya.

bagian-bawah-microsoft-all-in-one-media-keyboard

detail-bawah-microsoft-all-in-one-media-keyboard

Trackpad

Trackpad terasa halus ketika digunakan. Bagian tengah, kiri bawah, dan kanan bawah dapat ditekan. Fungsi trackpad ini sama dengan trackpad yang biasa terdapat pada laptop atau notebook. Pada trackpad ini terdapat beberapa fungsi gesture yang dapat anda gunakan. Seperti gambar yang ada di bawah ini.

gesture-microsoft-all-in-one-media-keyboard-1

gesture-microsoft-all-in-one-media-keyboard

Konektivitas

receiver-microsoft-all-in-one-media-keyboard

Konektivitas yang digunakan adalah wireless. Receiver yang tersedia berukuran kecil dan ringkas. Jenis wireless yang digunakan adalah 2.4 Ghz. Jangkauan sinyal wirelessnya dapat mencapai jarak hingga 10 meter. Jangkauan yang sangat cukup untuk produk sejenis ini. 

Kenyamanan

Tombol-tombol yang terdapat pada keyboard terasa empuk ketika ditekan. Saya pun tidak menemukan delay sama sekali ketika menggunakan keyboard ini. Intinya jika hanya digunakan untuk keperluan mengetik, keyboard ini sudah memenuhi kebutuhan tersebut dengan sangat baik. Jangan berharap untuk menggunakan keyboard ini untuk kebutuhan gaming. Karena keyboard ini tidak didesain untuk hal semacam itu.

Tombol-tombol shortcut yang tersedia juga sedikit banyak memberikan kemudahan pada saya. Walaupun sebenarnya saya tidak terlalu banyak menggunakan tombol-tombol tersebut. Kecuali tombol klik kiri pada pojok kiri atas.

Untuk shortcutnya sendiri dapat kita kostumisasi dengan cara menginstall software tambahan. Sofwarenya dapat anda download di web microsoft. Namun, sayangnya hanya ada 4 tombol dan trackpad saja yang dapat kita kostumisasi.

kostumisasi-microsoft-all-in-one-media-keyboard-1Dan berikut adalah tampilan softwarenya.

kostumisasi-microsoft-all-in-one-media-keyboard-2

Beralih kebagian trackpad. Trackpad yang tersedia sebenarnya cukup nyaman untuk digunakan. Pengalaman menggunakan trackpad di keyboard ini sama halnya dengan menggunakan trackpad di laptop atau notebook. Namun, karena posisinya yang berada pojok kanan membuat saya tidak terbiasa menggunakannya. Perlu waktu lebih dari seminggu bagi saya untuk terbiasa menggunakannya. Tetapi, harus saya akui jika pengalaman menggunakan trackpad ini tidak lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan mouse.

Kesimpulan

Microsoft All In One Media Keyboard secara keseluruhan memberikan kenyamanan dalam mengetik. Untuk kebutuhan seperti mengetik dokumen dan coding, keyboard ini memberikan pengalaman yang baik. Tetapi, jika anda seseorang yang aktif menggunakan adobe photoshop, illustrator, premiere dan software sejenisnya. Saya tidak merekomendasikan keyboard ini. Karena seperti yang saya tulis diatas, trackpad yang tersedia tidak memberikan pengalaman yang lebih baik dari pengalaman menggunakan mouse. Sehingga, akan sulit rasanya jika menggunakan keyboard ini untuk kegiatan tracing di illustrator atau cutting dan drag di premiere.

Saya sendiri, selain menggunakan keyboard ini untuk kebutuhan mengetik. Saya biasa menggunakannya untuk browsing atau menonton youtube lewat TV.

penggunaan-microsoft-all-in-one-media-keyboard

penggunaan-microsoft-all-in-one-media-keyboard-2

Di pasaran keyboard ini bisa anda dapatkan dengan harga sekitar 500 – 600 ribuan. Tapi, jika anda beruntung mungkin anda bisa mendapatnya diharga 400 ribuan. Cukup mahal memang untuk harga sebuah keyboard. Namun, saya rasa harga yang diberikan sebanding dengan kualitas yang ada. Selain itu dengan harga tersebut anda sudah mendapatkan jaminan garansi 3 tahun. Sebuah garansi yang cukup lama jika dibandingkan dengan produk sejenis.

Jadi, pantaskah keyboard ini dibeli ? semuanya kembali kepada pilihan anda. Menurut Juru Review setidaknya ada 2 hal yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli sebuah produk. Pertama, budget yang tersedia. Kedua, sesuai dengan kebutuhan. Jadi, semuanya kembali lagi pada anda.

Punya pendapat berbeda ? atau pertanyaan ? silahkan komentar di kolom komentar di bawah.

Saya Mas Wahono, undur diri.

Salam.

Juru Review.

Advertisements