Toko online adalah sebuah konsep yang saat ini sering dipakai oleh sebagian besar produsen di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tidak jarang kita temui sebuah toko membuka toko offline (fisik) sekaligus toko online. Salah satunya, Colette dan lola. Sejak membuka toko pertamanya di tahun 2013. Saat ini mereka telah memiliki empat toko offline (fisik) dan satu toko online. Toko online tersebut beralamatkan di http://www.colettelola.com

Colette lola

Setelah mengetahui toko ini untuk waktu yang cukup lama. Kemarin saya mencoba toko onlinenya. Bagaimana kualitas pelayanannya ? Bersama Ono di sini. Inilah review colettelola.com.

Daftar Keanggotaan

Sebelum melakukan pemesanan online. Kita harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran. Alur pendaftaran sama seperti melakukan pendaftaran e-mail dan sosial media. Silahkan anda menuju link colettelola.com.

Setelah kita menuju link pendaftaran di atas maka kita akan diarahkan pada tampilan berikut.

Daftar colette lola

Untuk mendaftar keanggotaan baru anda cukup mengklik CREATE AN ACCOUNT. Lalu, anda akan diminta untuk mengisi nama, alamat e-mail, dan password.

Daftar colette lola (2)

Setelah kita mengisi semua data yang diminta, lalu klik submit. Maka, proses pendaftaran selesai.

Pemesanan

Sebelum melakukan pemesanan, pastikan anda mengisi alamat pengiriman dan penagihan dengan benar. Berikut caranya.

Klik My Account pada pojok kanan atas web.

My Account Colette lola

Lalu, akan muncul beberapa pilihan. Klik My Account.

My Account Colette lola 2

Lalu, akan muncul tampilan seperti ini.

Edit address Colette lola

Klik Edit Address pada bagian DEFAULT BILLING ADDRESS. Isi sesuai dengan alamat penagihan yang anda inginkan. Lakukan hal yang sama pada bagian DEFAULT SHIPPING ADDRESS. Setelah anda selesai melakukan langkah tersebut. Maka, anda siap untuk melakukan pemesanan.

Pengiriman

Pada pemesanan saya yang lalu. Saya melakukan pemesanan tiga hari sebelum hari H. Tepat di hari H, jam 14:00 saya ditelpon oleh kurir. Ternyata dia sudah ada di depan rumah. Padahal saya mengaturnya untuk jam 15:00. Lebih cepat satu jam dari jadwal yang saya atur. Ketika ditanya mengapa lebih cepat, mereka khawatir macet jadi dikirim lebih awal. Sebuah inisiatif yang baik menurut saya. Jadi, masalah ketepatan waktu. Toko yang satu ini sepertinya layak untuk mendapat pujian.

Kue datang dengan kemasan menarik. Dilengkapi dengan pisau kue plastik dan beberapa potong lilin. Kue datang dalam keadaan baik, tidak rusak. Di dalam kemasan bahkan ditambahkan dry ice untuk menjaga suhu kue.

Kemasan colettelola

Kue colettelola

Kemasan menarik, rapi, sampai tujuan dalam keadaan segar. Sebuah kombinasi yang tentunya memuaskan saya sebagai seorang pelanggan. Patut dicontoh untuk anda yang memiliki usaha sejenis.

Rasa

Bagaimana dengan rasa ? saya tidak bisa berkomentar banyak untuk hal yang satu ini. Karena memang saya bukan ahlinya kalau tentang rasa. Tapi, untuk kue yang satu ini (Chocolate Angle). Rasanya cocok dengan lidah saya. Lapisan coklat yang ada di atas langsung lumer di dalam mulut. Bagian kue yang ditutupi coklat juga terasa lembut. Ada sedikit bagian crunchy yang saya rasakan dibagian tengahnya. Sepertinya itu wafer, silahkan koreksi jika saya salah. Bagian hiasan seluruhnya bisa dimakan. Coklat yang ada memiliki rasa manis yang pas menurut saya. Tidak terlalu manis dan tidak terlalu pahit. Hanya coklat berwarna putihnya saja yang tidak saya suka.

Kue Colettelola 2

Kesimpulan

Akhirnya tibalah kita di kesimpulan. Colettelola.com sebagai sebuah toko online telah memberikan pelayanan yang baik. Mulai dari tampilan website yang menarik, kemudahan melakukan pemesanan, sampai pengiriman yang tepat waktu. Semua itu memberikan nilai tambah bagi colette dan lola yang sebelumnya telah memiliki toko fisik. Inilah yang menjadi hal penting menurut saya ketika anda memiliki toko fisik sekaligus toko online. Keduanya harus saling mendukung. Hal tersebutlah yang saya temui di toko yang satu ini. Toko fisik dan onlinenya berjalan dengan baik.

Untuk saat ini colette dan lola hanya melayani pengiriman di daerah Jakarta. Hal tersebut rasanya memang perlu dimaklumi. Karena toko fisiknya baru ada di Jakarta. Hal yang berbeda mungkin akan terjadi jika nantinya colette dan lola membuka cabang di kota lain.

Hal yang saya rasa kurang adalah pada bagian pembayarannya. Seperti yang telah saya jelaskan di atas, pembayaran melalui transfer bank hanya terdapat pilihan transfer ke bank BCA. Hal tersebut pastinya akan menjadi sedikit menganggu bagi anda yang tidak suka dengan biaya transfer.

“Sudah PPN 10% ditambah Ongkos kirim 30 ribu, eh ini ditambah lagi biaya transfer”

Ya, begitulah kira-kira. Diluar hal-hal tersebut, saya kagum dengan bagaimana toko ini berjalan. Di Jakarta tentunya masih banyak toko serupa. Kalau anda punya rekomendasi lain atau pengalaman yang ingin diceritakan, silahkan komentar di kolom komentar yang ada di bawah.

Saya Mas Wahono undur diri.

Let’s make cakes and dreams.

Salam, Juru Review.

