Undangan pernikahan dari tahun ke tahun semakin beragam. Mulai dari desain, bahan baku pembuatan, sampai pernak-pernik yang menyertainya. Di 2017 ini dari apa yang saya lihat terdapat trend baru dalam undangan pernikahan. Dari beberapa undangan yang saya terima, terdapat beberapa kesamaan. Sama-sama menyertakan QR Code. Apa itu QR Code ? Bersama Ono di sini. Mari kita ulas.

QR Code di Undangan Pernikahan

Apa itu QR Code ?

Berdasarkan apa yang ditulis Ir. Sere Saghranie Daulay,M.Si. Kode QR adalah sebuah kode matriks (atau dua-dimensi bar code ) yang dibuat oleh perusahaan Jepang Denso-Wave pada tahun 1994. The “QR” berasal dari “Quick Response“, sebagai pencipta kode yang dimaksudkan agar isinya dapat diuraikan pada kecepatan tinggi.

Tulisan tersebut dapat anda baca secara lengkap dengan mengunduhnya melalui tautan ini >> Unduh

Bagaimana ? rumit bukan ? Ya, sederhananya QR Code adalah sebuah kode berbentuk kotak-kotak kecil bergaris seperti gambar dibawah ini.

qrcode juru review

Gambar tersebut biasanya berisi link yang akan mengarahkan kita pada sebuah data. Pada undangan pernikahan, link tersebut biasanya berisi peta lokasi.

QR Code ini disebut “Quick Response” karena kodenya dapat terbaca hanya dalam hitungan detik. Kode tersebut dapat dibaca menggunakan QR Scanner. Pada beberapa smartphone saat ini biasanya sudah disediakan fungsi tersebut. Namun, jika anda belum memilikinya anda dapat mendownloadnya di Google App atau App Strore.

Pengaplikasian pada undangan pernikahan

Seperti yang saya jelaskan di atas, pengaplikasian QR Code di undangan pernikahan digunakan untuk menunjukkan lokasi acara.

Banyak website yang menyediakan pembuatan QR Code, cukup ketikkan saja QR Code Generator pada kolom pencarian google. Maka, anda akan menemukan ratusan bahkan ribuan website. Dari banyaknya website tersebut, saya paling sering menggunakan goqr.me

goqr

Lalu, bagaimana mengubah peta menjadi QR Code ? begini caranya.

Jadi, perlukah QR Code ?

Pada keadaan tertentu, sebenarnya QR Code cukup mengganggu menurut saya. Mengganggu desain lebih tepatnya. Pada beberapa undangan pernikahan, ornamen bunga-bunga masih menjadi pilihan favorit. Ditambah huruf dengan warna emas atau perak. Jadi, menurut saya kurang tepat rasanya jika ornamen-ornamen tersebut ditambahkan QR Code. Tapi, jika tema undangan anda adalah simple, modern, minimalis saya rasa QR Code cocok untuk disisipkan.

Terlepas dari hal itu, QR Code punya manfaat yang baik. QR Code yang ada di undangan biasanya berisi link google maps. Link tersebut mengarahkan kita ke lokasi acara. Bagi anda yang biasa menggunakan navigasi peta digital tentu ini akan sangat praktis. Cukup scan QR Code, lalu otomatis kita akan diarahkan ke google maps. Tidak perlu lagi mengetik alamat tujuan.

Apalagi saat ini, mode transportasi online sedang marak-maraknya. Dengan adanya penempatan QR Code ini. Anda dan driver bisa lebih mudah mengarah ke lokasi.

Melihat dari manfaatnya, QR Code bisa jadi pilihan yang menarik untuk coba. Tinggal anda mengaturnya saja agar QR Code itu tetap baik dari segi desain undangan pernikahan.

Jadi, kapan nikah ?

Saya tunggu undangannya.

Saya Mas Wahono undur diri.

Salam, Juru Review.

Advertisements