21 Mei 2017, NET. sebagai salah satu TV swasta di Indonesia baru saja menggelar acara ulang tahunnya yang ke 4. Acara ulang tahun yang sekaligus menjadi acara penghargaan. Penghargaan untuk orang-orang yang berkontribusi dalam dunia pertelevisian, film, dan musik Indonesia. Indonesia Choice Awards 2017 adalah nama yang dipilih untuk acara penghargaan tersebut. Jika pada tahun sebelumnya NET. menggunakan tema Indonesia yang lebih kece. Maka, tahun ini NET. memilih tema Good People.

Jadi, seberapa Good kah ulang tahun NET. tahun ini. Selamat datang di sesi Comment Juru Review. Bersama Ono di sini, inilah Comment NET. 4.0 Indonesia Choice Awards 2017.

Bintang Tamu Luar Negeri

Seperti pada tahun-tahun yang lalu, NET. mengundang musisi luar negeri sebagai salah satu pengisi acaranya. Jika tahun lalu kita melihat Jessie J, Omi, dan Dawin. Maka, tahun ini NET. mengundang Robin Thicke dan Jonas Blue.

Keputusan NET. untuk mengundang dua bintang tamu tersebut sebenarnya diluar ekspektasi saya. Saya sebenarnya berharap Coldplay. Tetapi, mengingat Coldplay sedang melakukan tour dunia rasanya harapan itu mustahil terwujud.

Walaupun begitu, kehadiran dua bintang tamu itu tidaklah mengecewakan. Keduanya tetap menampilkan penampilan yang menarik untuk ditonton. Hanya saja, gemuruhnya tidak sebesar saat Jessie J muncul tahun lalu. Setidaknya itulah yang saya rasakan. Musik memang masalah selera.

Dan satu lagi bintang tamu yang tidak bisa dilupakan, Tony Chapek. Sulapnya lucu dan menarik menurut saya.

Panggung Megah

Sudah menjadi hal yang biasa sepertinya bagi NET. untuk menyajikan tampilan yang megah. Begitu juga pada penataan panggung ulang tahunnya kali ini. Megah adalah kata yang tepat untuk menggambarkan hal tersebut. Sentul International Convention Center yang awalnya berbentuk seperti ini.

Menjadi seperti ini.

Panggung NET. 4.0 Indonesia Choice Awards 2017

Jadi, bisa kita bayangkan sendiri bagaimana kerja keras NET. menyiapkan acara ini.

Best Moment

Saya mencatat setidaknya ada empat moment terbaik selama acara ini. Moment terbaik menurut saya adalah…

Pertama, saat opening. Lampu dimatikan, gelang-gelang menyala, lampu secara bergantian menembak panggung utama, lalu Jonas Blue muncul.

Gelang Menyala NET. 4.0 Indonesia Choice Awards 2017

Untuk bagian ini saya merasa gelang yang digunakan sama dengan yang ada di World Tour nya Coldplay. Gelangnya akan menyala secara otomatis ketika musik dinyalakan. Tapi, saya tidak tahu pasti apa dugaan saya ini benar atau tidak. Jadi, jika diantara para pembaca ada yang hadir langsung di sana. Silahkan komentar di kolom komentar yang ada di bawah.

Kedua, penampilan Raisa dan Isyana. Raisa yang saat itu tidak bisa hadir. Digantikan dengan tampilan layar yang ada di sebelah kiri panggung. Saat di tengah panggung sosok Raisa pun tetap dihadirkan. Walaupun tidak semenarik ketika Raisa hadir secara langsung. Tapi, setidaknya ini bisa sedikit mengobati kerinduan bagi para penggemarnya.

Raisa Isyana NET. 4.0 Indonesia Choice Awards 2017

Raisa Isyana 2 NET. 4.0 Indonesia Choice Awards 2017

Berdasarkan rekaman yang ditampilkan ketika Raisa menerima penghargaan. Ketidakhadirannya disebabkan karena ada acara keluarga. Acara keluarga yang dimaksud adalah acara lamaran. Cukup banyak media online yang memberitakan ini. Silahkan kalian cari sendiri dan untuk Raisa, selamat.

Ketiga, Andre Sule meledek Desta Vincent. Kekompakkan antara Andre dan Sule sudah tidak diragukan lagi. Hal ini pula lah yang diperlihatkan mereka di panggung NET. 4.0 Andre dan Sule secara kompak meledek Desta dan Vincent.

Sule protes mengapa Desta dan Vincent dua kali berturut-turut menjadi MC acara itu. Dengan nada becanda Andre menjawab “Mungkin mereka murah kali”. Celotehan itupun membuat seisi ruangan tertawa.

Andre Sule NET. 4.0 Indonesia Choice Awards 2017

Andre Sule 2 NET. 4.0 Indonesia Choice Awards 2017

Keempat, Lifetime Achievement. Untuk lifetime achievement tahun ini diberikan kepada Bimbo. Bimbo selama 50 tahun berkarir kurang lebih telah menciptakan 600 lagu. Bagian menarik pada menyerahan penghargaan tersebut. Beliau berpesan untuk menjaga pesatuan. Lalu, meminta para hadirin untuk berdiri dan bersama-sama menyanyikan lagu Pada Mu Negeri.

Bimbo Life Time Achievement NET. 4.0 Indonesia Choice Awards 2017

Bimbo 2 Life Time Achievement NET. 4.0 Indonesia Choice Awards 2017

NET 5.0 ?

Selama 4 tahun ini NET. sebagai salah satu TV swasta Indonesia telah memberikan tontonan yang menarik menurut saya. Belum menjadi yang terbaik memang. Tapi, dari sekian banyak TV swasta di Indonesia NET. tetap menjadi pilihan terbaik saya.

Wisnu Utama sebagai direktur utama pernah menyampaikan arti logo NET. Tanda titik yang ada di belakang huruf melambangkan riak atau gelombang. Dengan lahirnya NET. maka diharapkan bisa memberikan riak atau gelombang perubahan pada dunia pertelevisian Indonesia. Sebuah semangat yang saya salut dan saya harap tidak pernah berubah. Melihat semangat itu menarik rasanya untuk melihat TV ini terus berkembang.

Jadi, akan seperti apa NET di usia ke 5 nya nanti. Mari kita nantikan.

Selamat berproses, selamat berkembang.

Saya Mas Wahono undur diri.

Salam, Juru Review.

Advertisements