Setelah menyelenggarakan acara di Surabaya, Solo, dan Yogyakarta. Akhirnya Xiaomi Snapdragon Power Tour sampai juga di Jakarta. Tepatnya di ruang serbaguna gedung k, Universitas Negeri Jakarta.

Xiaomi Snapdragon Power Tour sendiri adalah sebuah acara promosi Xiaomi sekaligus seminar pengenalan Qualcomm Snapdragon. Jika anda adalah pengguna Xiaomi atau setidaknya pengguna smartphone. Nama Qualcomm Snapdragon tentu tidak asing lagi ditelinga anda. Karena Qualcomm Snapdragon adalah SOC (processor) yang banyak kita temukan pada smartphone saat ini.

Jadi, ada keseruan apa saja di acara itu ? Bersama Ono di sini. Inilah review event Xiaomi Snapdragon Power Tour – Jakarta (UNJ).

Pengenalan Smartphone Xiaomi

Bobby Silalahi Community Manager Xiaomi Indonesia
Bobby Silalahi, Community Manager Xiaomi Indonesia

Melalui Community Manager nya, Bobby Silalahi. Xiaomi Indonesia menjelaskan sedikit perjalanan mereka di Indonesia.

Redmi 1s adalah smartphone pertama, sekaligus smartphone yang secara resmi membuka jalan Xiaomi di Indonesia. Redmi 1s pertama kali dijual pada 2014 dan hingga kini telah menjadi smartphone legendaris di kalangan Mi Fans. Legendaris karena saat itu dengan harga hanya 1,5 jutaan tetapi memiliki spesifikasi yang cukup tinggi di kelasnya.

Setelah kemunculan Redmi 1s. Secara bergantian smartphone Xiaomi mulai beredar di pasar Indonesia. Sebut saja Redmi Note, Redmi 2, Redmi 2 Prime, Redmi Mi4i, Redmi 3s. Di luar seri tersebut masih banyak bermunculan seri lainnya namun bergaransi distributor.

Di 2017 ini, untuk memenuhi TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) Xiaomi membangun pabrik perakitannya di Batam. Pemilihan Batam sebagai tempat perakitan karena Batam dinilai telah siap melakukan hal tersebut. Dari proses perakitan tersebut lahirlah Resmi 4A, Redmi 4X, Redmi Note 4. Jadi, smartphone Xiaomi dengan garansi resmi yang saat ini beredar di Indonesia adalah buatan para pekerja Indonesia.

Qualcomm Snapdragon

SOC (System On Chip) yang digunakan pada smartphone Xiaomi yang saat ini beredar adalah buatan Qualcomm. Snapdragon 425 untuk Redmi 4a. Snapdragon 435 untuk Redmi 4X dan Snapdragon 625 untuk Redmi Note 4.

Dedy Irvan, Jagat Review
Dedy Irvan, Jagat Review

Pada kesempatan hari ini sebenarnya banyak hal teknis yang dijelaskan Pak Dedy Irvan dari Jagat Review. Tetapi, tentu saja saya tidak bisa menjelaskan semuanya dalam tulisan kali ini. Setidaknya saya merangkum ada 3 hal yang menjadi keunggulan Qualcomm Snapdragon saat ini.

Pertama, efisiensi daya baterai. Dengan Qualcomm Snapdragon penggunaan baterai pada smartphone dibuat lebih efisien. Sebagai contoh, Redmi 4A yang memiliki kapasitas baterai sebesar 3120mAh dapat memutar video sampai 15 jam.

Kedua, tidak cepat panas. Dalam sebuah pengujian, dua buah smartphone dengan seri yang sama menjalankan sebuah aplikasi. Smartphone pertama menggunakan Qualcomm Snapdragon sedangkan yang kedua menggunakan Mediatek. Setelah beberapa menit, terlihat bahwa Qualcomm Snapdragon memiliki suhu yang lebih rendah dibandingkan Mediatek. Pengujian menggunakan kamera yang dapat melihat panas.

Ketiga, performa stabil. Masih dalam pengujian yang sama. Dalam pengujian terlihat bahwa performa yang ditunjukkan oleh Mediatek semakin menurun seiring suhu yang terus meningkat. Namun, hal tersebut tidak terjadi pada Snapdragon Qualcomm.

Saya pribadi belum pernah melakukan uji coba tersebut. Tetapi, karena uji coba dilakukan oleh Jagat Review selama acara berlangsung. Rasanya uji coba tersebut dapat dipercaya.

#MendingXiaomiResmi

Dengan terpenuhinya TKDN. Maka, sudah pasti Xiaomi memberikan garansi resmi (jika anda membeli resmi). Klaim garansi jadi lebih mudah, cepat, dan terjamin. Tapi, terlepas dari segala hal itu. Menurut Dedy Irvan ada beberapa alasan mengapa #MendingXiaomiResmi. Ada beberapa hal yang didapat jika kita membeli Xiaomi Resmi, antara lain :

  • Membuka lapangan kerja. Untuk terpenuhinya TKDN maka produsen luar harus memproduksi produknya di Indonesia. Dengan hal tersebut otomatis dapat menyerap tenaga kerja Indonesia.
  • Pengembangan aplikasi buatan developer lokal. Salah satu hal yang harus dilakukan untuk memenuhi TKDN adalah aplikasi buatan lokal. Setidaknya produsen harus menyisipkan aplikasi buatan lokal dalam smartphone produksinya. Hal tersebut membuka jalan bagi developer dalam negeri untuk mengembangkan aplikasi.
  • Transfer pengetahuan. Dengan adanya pabrik perakitan di Batam maka para pekerja harus memenuhi standar Xiaomi. Dengan adanya pemenuhan standar maka pekerja harus belajar untuk memenuhi standar yang dibuat. Maka, proses transfer pengetahuan pun terjadi.

Sebenarnya hal diatas berlaku bukan hanya untuk Xiaomi. Semua berlaku untuk setiap produsen luar yang menjual barangnya secara resmi di Indonesia. Jadi, intinya anda berkontribusi pada negara jika anda membeli barang yang di jual resmi. Masih mau beli produk Black Market ?

Mi Fans dan Hadiah

Selain dimeriahkan oleh dua narasumber. Acara hari ini juga dimeriahkan oleh Mi Fans Jakarta.

MI Fans Jakarta
Mi Fans Jakarta

Xiaomi memang dikenal sebagai produsen yang giat merangkul komunitas penggunanya. Salah satu Mi Fans yang diperkenalkan hari ini adalah Mi Fans Jakarta.

Selain Mi Fans, acara juga dimeriahkan oleh pengundian hadiah. Banyak hadiah yang diberikan seperti Redmi Note 4, Redmi 4A, Powerbank dan Mi LED.

Pembagian hadiah Xiaomi Snapdragon Power Tour
Pembagian hadiah

Secara garis besar, acara berjalan dengan baik dan cukup meriah. Hanya saja rasanya tidak seramai di kota lain. Hal itu bisa dilihat dari beberapa bangku yang kosong.

Peserta Xiaomi Snapdragon Power Tour Jakarta
Peserta Xiaomi Snapdragon Power Tour Jakarta – UNJ

Rencananya tanggal  6 Juni 2017 Xiaomi Snapdragon Power Tour akan hadir di Universitas Pancasila. Bagi anda yang ingin mengikuti acara tersebut dapat terlebih dahulu daftar di http://event.mi.com/id/apply/SnapdragonPowerTour

Saya Mas Wahono undur diri.

Sampai jumpa di acara selanjutnya.

Salam, Juru Review.

Advertisements