Printer, scanner, monitor, tumpukan buku, ditambah mouse dan keyboard. Semua berkumpul di atas meja kerja yang kecil.  Sebuah meja kerja yang terbatas. Sebuah permasalahan bagi saya dan mungkin juga bagi anda. Bisa dibayangkan bagaimana penuhnya meja itu. Maka, solusi yang bisa kita ambil adalah membeli meja yang lebih besar atau memilih perangkat yang lebih compact.

Compact. Seperti produk yang akan kita review kali ini. Logitech MK240 Nano Wireless Combo. Seberapa compact produk yang satu ini ? bersama Ono di sini. Inilah review Logitech MK240 Nano Wireless Combo.

Dalam Kotak

Dalam kotak penjualannya kita akan mendapatkan 4 baterai ukuran AAA, 1 receiver WiFi, 1 lembar petunjuk produk, 1 mouse seri M212, dan 1 mouse K240.

Desain

Keseluruhan keyboard dan mouse terbuat dari bahan plastik yang dibalut dengan lapisan cat matte. Saat disentuh lapisan tersebut terasa halus. Keyboardnya berukuran 139 mm x  288 mm x 21 mm dengan berat 312 g. Sedangkan mousenya berukuran 60 mm x 100 mm x 32 mm dengan berat 53 g. Logitech MK240 Nano memang berukuran kecil karena tidak dilengkapi dengan numpad pada sisi kanannya. Namun, fungsi keseluruhan tombol hampir sama dengan kebanyakkan keyboard pada umumnya.

Unit yang kami miliki berwarna hitam dengan aksen hijau kekuning-kuningan. Selain warna hitam, terdapat juga pilihan warna putih dengan aksen merah muda.

Bagian depan Logitech MK240 Wireless Combo

Saya pribadi sebenarnya menyukai aksen yang terdapat pada keyboard ini. Tetapi, pada beberapa bagian terlihat ada detail yang kurang rapi. Jika dilihat lebih dekat maka akan terlihat bahwa grafis yang dicetak kurang tajam.

Detail keyboard 2 Logitech MK240 Wireless Combo

Pada bagian belakang terdapat slot baterai sebagai sumber daya. Sebagai sumber daya keyboard ini menggunakan 2 baterai ukuran AAA. Keseluruhan bidang berwarna hijau kekuning-kuningan. Terdapat beberapa bantalan dan lubang air pada bagian belakangnya.

Bagian baterai keyboard Logitech MK240 Wireless Combo

Bagian belakang Logitech MK240 Wireless ComboSelain itu di bagian atas kiri dan kanan keyboard terdapat pula dudukan yang dapat mengatur kemiringan sampai 8°.

Deatil Penopang keyboard Logitech MK240 Wireless Combo

Penopang keyboard 3 Logitech MK240 Wireless Combo

Pada bagian depan mouse seperti biasa terdapat klik kiri, klik kanan, dan scroll wheel yang dapat ditekan pada bagian tengahnya. Di bawahnya terdapat tulisan logitech dengan warna hijau kekuning-kuningan.

Mouse Logitech MK240 Wireless Combo bagian depan

Bagian sampingnya tampak polos dan sedikit membulat. Tidak melengkung kedalam.

Mouse Logitech MK240 Wireless Combo bagian samping

Pada bagian belakang terdapat slot baterai dan slot untuk menaruh receiver. Baterai yang digunakan adalah 2 buah baterai ukuran AAA. Terdapat beberapa bantalan agar mouse tidak licin. Terdapat pula sensor dan tombol on/off.

Mouse Logitech MK240 Wireless Combo bagian belakang

Kenyamanan

Selama pemakaian lebih dari 2 minggu. Saya tidak merasakan delay sama sekali ketika menggunakan keyboard ini. Tombol-tombol yang ada juga terasa nyaman ketika ditekan. Beberapa shorcut media yang terdapat pada keyboard juga mempermudah untuk mengatur media. Seperti musik, search, mengatur volume, atau melakukan print screen.

Shorcut Keyboard Logitech MK240 Wireless Combo

Namun, sayangnya keyboard tidak dilengkapi tombol on/off. Sehingga, keyboard tetap bekerja saat saya tidak sengaja menyentuhnya. Selain itu keyboard juga tidak memiliki lampu indikator capslock. Sebuah detail kecil yang menurut saya harusnya ada pada keyboard seharga lebih dari 200ribuan.

Beralih kebagian mouse, mouse yang ada cenderung berbentuk bundar. Serta, tidak memiliki lekukan pada bagian samping. Bentuk yang seperti itu membuat saya sedikit tidak nyaman ketika menggunakannya. Karena saya lebih terbiasa dengan mouse yang memiliki lekukan pada bagian sampingnya.

Perbandingan Logitech MK240 Wireless Combo dengan mouse lain

Receiver yang digunakan berukuran kecil, lebih kecil dari jari jempol saya. Ukurannya yang kecil menghemat ruang yang akan dipakai ketika kita memasangnya ke komputer atau laptop. Karena ukurannya yang kecil ini pula lah Logitech MK240 diberi nama Nano. Walaupun berukuran kecil jangkauan sinyal bisa mencapai 10 meter.

Receiver Logitech MK240 Wireless Combo

Dari bagian baterai. Logitech mengklaim baterai pada produknya ini dapat bertahan 36 bulan untuk keyboardnya dan 12 bulan untuk mousenya. Saya tidak dapat memastikan hal tersebut karena saya baru memakai produk ini sekitar 2 minggu lebih. Tapi, dari pengalaman yang telah rasakan. Produk-produk dari Logitech memang memiliki daya tahan baterai yang lama. Walaupun begitu daya tahan baterai sebenarnya sangat tergantung pada pola pemakaian kita.

Kesimpulan

Selama menggunakan Logitech MK240, saya mendapatkan pengalaman yang baik. Bentuk yang kecil, tombol-tombol yang empuk, serta desain yang enak dipandang mata. Namun, sayangnya ada beberapa detail kecil yang menurut saya akan lebih baik jika memang ada. Detail seperti tombol on/off pada keyboard dan lampu indikator capslock sayangnya tidak ada pada keyboard ini. Padahal jika diperhatikan ada ruang yang saat cukup untuk menempatkan semua itu.

Bagian depan atas Logitech MK240 Wireless Combo

Dari segi kenyamanan dalam mengetik, walaupun memberikan pengalaman yang baik. Tetapi, tombol-tombol yang ada tidak sekokoh Logitech K380 yang telah saya review sebelumnya.

Bentuk mouse yang terlalu membulat juga menurut saya kurang nyaman untuk digunakan. Saya pribadi lebih menyukai bentuk lekukan pada mouse Logitech M235.

Akhir kata, saya merekomendasikan produk ini bagi anda yang ingin mempunyai paket keyboard sekaligus mouse yang compact dengan desain menarik. Tetapi, saya tidak menyarankannya bagi anda yang sering bekerja dengan angka. Karena keyboard ini tidak memiliki numpad pada sisi kanannya.

Namun, bagi anda yang memiliki budget berlebih. Logitech MK345 bisa menjadi pilihan yang lebih baik. Tombol lebih empuk, tersedia numpad, terdapat tombol on/off dan lampu indikator caplock di keyboard. Serta bentuk mouse lebih nyaman untuk digunakan. Tapi, tentu Logitech MK345 tidak lebih compact dari Logitech MK240. Jadi, semuanya kembali pada pilihan anda.

Saya Mas Wahono, undur diri.

See you on the next review.

Salam, Juru Review.

Advertisements