Saat ini, tidak bisa dipungkiri bahwa smartphone telah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar orang. Karena berbagai fungsi telah ditanamkan di benda seukuran telapak tangan tersebut. Kita dapat melihat video, mengirimkan e-mail, atau bahkan mengetik sebuah dokumen.

Saya sendiri sering menggunakan smartphone untuk keperluan foto dokumentasi, melihat video, atau sekedar mendengarkan musik. Tapi, satu hal yang terasa kurang dari sebuah smartphone adalah kualitas speakernya. Berdasarkan hal itulah saya kemudian mencoba sebuah speaker bluetooth dari Logitech. Logitech X50. Setelah menggunakannya untuk waktu yang cukup lama. Menarik rasanya jika saya bercerita tentang pengalaman saya menggunakan produk ini.

Bersama Ono di sini. Inilah review Logitech X50 Bluetooth Speaker.

Dalam Kotak

Dalam kotak penjualannya kita akan mendapatkan satu dokumen garansi, beberapa lembar petunjuk penggunaan produk, kabel micro USB untuk charging, serta satu unit Logitech X50. Satu hal yang menurut saya kurang adalah tidak disediakannya kabel audio 3,5 mm. Padahal konektivitas yang digunakan oleh speaker ini adalah bluetooth dan lubang audio 3,5 mm. Jadi, jika anda ingin menyambungkan speaker ini dengan lubang audio 3,5 mm anda harus membeli kabelnya secara terpisah.

Desain

Unit yang saya miliki berwarna yellow (kuning) dengan balutan aksen abu-abu pada sekelilingnya. Serta berwarna hitam pada bagian tengahnya. Selain warna tersebut terdapat empat pilihan warna lainnya. Grey, Blue, Green, dan Orange.

Logitech X50 Bluetooth Speaker Yellow

Seluruh bagian speaker terbuat dari plastik yang keras. Walaupun terbuat dari plastik, kualitas bahan yang digunakan terasa tidak murahan. Pada bagian atas terdapat lubang. Bisa anda pasangkan tali atau mungkin karabiner untuk anda sangkutan pada tas misalnya. Pada bagian ini terdapat sedikit area datar. Sehingga, speaker dapat didudukkan.

Pada bagian depan, tepatnya di bagian bawah tombol On/Off terdapat lampu indikator. Lampu ini akan menyala biru, ungu, dan merah.

Logitech X50 Bluetooth Speaker Yellow lampu indikator

Berikut adalah keterangan dari warna lampu indikator tersebut.

Status lampu Indikator Logitech X50
Tanda Lampu LED Logitech X50

Salah satu bagian yang saya suka adalah pola pada bagian tengahnya. Berbentuk jaring-jaring polygon. Bagian tersebut juga terbuat dari plastik. Barulah pada bagian bawahnya terbuat dari bahan seperti busa peredam yang melindungi speaker. Bagian seperti busa itu tentunya akan mudah robek jika tergores benda tajam. Jadi, sebaiknya anda hati-hati jika ingin menggunakan speaker ini di luar ruangan.

Bagian bawah speaker terbuat dari karet/rubber. Terdapat ukiran logo logitech di tengah. Serta keterangan lain di pinggirannya.

Terdapat baterai pada bagian bawah ini. Baterai tersebut dapat bertahan 5 jam dan dapat diisi ulang. Namun, sayangnya agak sulit untuk melepas bagian ini. Jadi, anda perlu orang yang ahli jika suatu saat ingin menggantinya.

Logitech X50 Bluetooth Speaker Yellow bagian belakang

Untuk bagian tombol-tombolnya. Di pinggiran speaker terdapat tombol On/Off yang berfungsi juga sebagai tombol bluetooth. Terdapat pula tombol volume Up dan Down. Tombol-tombolnya dilapisi oleh karet/rubber. Tombol-tombolnya memberikan sensasi click yang biasa saja. Tidak empuk dan tidak keras juga. Walupun begitu tombol-tombolnya masih dalam kategori nyaman untuk ditekan. Selain itu terdapat pula lubang audio 3,5 mm untuk audio serta lubang micro USB untuk kebutuhan charging.

Untuk kebutuhan charging disediakan kabel micro USB. Namun, sayangnya tidak disediakan kepala charging. Selain itu, ukuran kabel yang disediakan juga hanya sekitar 20 cm.

Logitech X50 Bluetooth Speaker Yellow micro USB

Kenyamanan

Dalam hal kenyamanan, saya akan memulainya dari konektivitas yang disediakan. Konektivitas yang disediakan adalah bluetooth dan lubang audio 3,5 mm. Bluetooth yang tersedia dapat mencapai jangkauan sekitar 9 meter. Tapi, jika perangkat anda tidak memiliki bluetooth. Speaker ini juga dapat disambungkan dengan menggunakan kabel audio 3,5 mm.

Dari segi ukuran speaker ini memiliki ukuran yang kecil. Tinggi 97,5 mm, lebar 85,7 mm, dan kedalaman 38,3 mm. Bobotnya sendiri hanya sekitar 142 gram. Dengan ukuran yang kecil dan bobot yang ringan speaker ini mudah untuk bawa kemana-mana.

Logitech X50 Bluetooth Speaker Yellow digenggam

Kualitas Suara

Secara teknis, berikut adalah data yang disajikan oleh Logitech X50. Data ini didasarkan pada keterangan produk yang disajikan oleh Logitech.

Sound Pressure Level (SPL Max): >78 dBC

Signal-to-Noiuse Rato (SNR): <-85 dBr

Respons Frekuensi: 132 Hz – 20 kHz

Impedansi input: 4 ohm

Data di atas tentunya hanyalah data teknis. Lalu, bagaimana dengan kualitas suara yang sesungguhnya ? berikut adalah pendapat saya. Dalam pengujian yang kami lakukan. Kami menguji jangkauan bluetooth dan kemampuannya dalam memutar beberapa jenis musik.

Pada pengujian jangkauan bluetooth, kami melihat bahwa Logitech X50 masih dapat memberikan suara yang baik pada jarak ±30 meter. Hal tersebut tentu di luar ekspektasi saya, karena keterangan di website menyebutkan jangkauan bluetooth nya hanya ±9 meter.

Beralih ke kualitas suara, suara yang dihasilkan cenderung detail menurut saya. Speaker ini tentunya masih dapat diandalkan jika hanya memutar musik akustik atau musik-musik yang mengedepankan vokal.

Pada kesempatan lain, saya mencobanya untuk bermain games dan menonton film di smartphone. Suara yang dihasilkan tentu lebih baik dari speaker bawaan smartphone. Lebih detail dan keras. Untuk mendengarkan musik di Spotify juga sangat cukup memadai.

Kekurangan barulah saya rasakan ketika memutar musik yang lebih kompleks. Suaranya cenderung menumpuk antara satu instrumen dengan instrumen lain. Selain itu suaranya terasa tidak nyaman ketika volume dinaikkan sampai 70% lebih.

Kesimpulan

Melihat harganya yang dibawah 300 ribuan. Saya cukup puas dengan desain dan build quality nya. Walaupun harus saya akui dari kualitas suara speaker ini hanya masuk dalam kategori lumayan, menurut saya.

Walaupun begitu suaranya masih cukup nyaman untuk sekedar mendengarkan musik, bermain game, atau menonton film. Bahkan, jika ruangan anda tidak terlalu besar. Speaker ini bisa menjadi speaker utama untuk menemani anda duduk santai, membaca buku, sambil ngopi-ngopi.

Hal lain yang mungkin menjadi pertimbangan untuk membeli speaker ini adalah ukuran kecil dan bobot ringan, baterai yang tahan hingga 5 jam, dan jaminan kualitas dari brand Logitech. Selama saya menggunakan brand Logitech saya sendiri merasa puas dengan kualitasnya. Karena memang produk Logitech biasanya memberikan garansi 1 tahun.

Sebagai catatan, pendapat di atas tentunya hanya pendapat pribadi saya. Kualitas suara sebuah perangkat audio tentu akan berbeda bagi setiap orang. Tapi, semoga gambaran di atas bisa menjadi referensi anda untuk membeli atau tidak membeli produk ini.

Jika punya pertanyaan atau pendapat ? Silahkan komentar di kolom komentar di bawah.

Saya Mas Wahono. Undur diri.

See you on next the review.

Salam, Juru Review.

Advertisements