Produktivitas adalah satu hal yang penting bagi saya. Sering kali saya melakukan banyak hal dalam satu waktu. Menulis review di laptop, membalas WhatsApp di smartphone, dan melihat referensi di YouTube. Tapi, satu hal yang sulit ketika mengerjakan semua itu dalam satu waktu adalah mengetik. Saya tentunya harus berpindah-pindah ketika mengetik dari satu perangkat ke perangkat lain.

Sebelumnya saya pernah mencoba Logitech K380 untuk menemani kegiatan tersebut. Namun, sayangnya laptop yang saya miliki tidak memiliki konektivitas bluetooth. Pernah berpikir untuk membeli adapter bluetooth lalu menyambungkannya ke Logitech K380. Tapi, niat tersebut akhirnya saya batalkan ketika bertemu dengan Logitech K375s.

Logitech K375s. Sebuah keyboard wireless yang dapat tersambung dengan perangkat bluetooth dan non bluetooth. Sebuah keyboard yang sepertinya akan cocok dengan saya. Sudah lebih dari sebulan saya menggunakan keyboard yang satu ini.

Bersama Ono di sini. Inilah review Logitech Wireless Keyboard K375s.

Dalam Kotak

Dalam kotak penjualannya kita akan mendapatkan 1 unit receiver, 2 unit baterai berukuran AAA, 1 unit stand holder untuk smartphone atau tablet, beberapa lembar dokumen produk, dan 1 unit Logitech Wireless Keyboard K375s.

Desain

Unit yang saya miliki berwarna hitam dengan aksen abu-abu pada tombol switch bluetooth dan stand holdernya. Warna lain yang tersedia adalah warna hitam dengan aksen putih. Walaupun warna keyboard yang saya miliki ini tidaklah jelek. Tapi, pilihan warna dengan aksen putih menurut saya lebih bagus. Aksen putihnya tidak membuat monoton.

Logitech K375s Grey Black

Logitech K375s White Black

Logitech K375s adalah keyboard full size. Di area tombol-tombolnya tidak banyak hal yang berbeda dengan keyboard full size Logitech lainnya. Perbedaan paling besar adalah tombol switch bluetooth yang tersedia di pojok kiri atas. Tepatnya di sebelah tombol “ESC”.

Tombol Switch Bluetooth Logitech K375s

Tepat di bawah tombol-tombol tersebut terdapat lampu indikator bluetooth. Lampunya akan menyala ketika anda menekan tombol-tombol tersebut. Lampu ini juga menandakan keyboard aktif pada perangkat yang ke berapa. Perangkat 1, 2, atau 3. Tombol 1 dan 2 untuk bluetooth dan tombol 3 untuk receiver wireless.

Perbedaan lainnya terdapat pada detail tombol-tombolnya.

Tombol-tombol Logitech K375s

Jika diperhatikan dengan seksama. Tombol-tombol yang ada pada keyboard tidaklah datar tapi agak cekung. Serta, sisi-sisinya tidak kotak atau persegi. Tombol-tombolnya memiliki lengkungan di keempat sisinya. Tombol-tombol dengan bentuk seperti ini memberikan kenyamanan lebih saat mengetik, menurut saya.

Beralih kebagian belakang. Di pojok kanan dan kiri atas terdapat stand yang dapat mengatur kemiringan keyboard. Selain itu, di pojok kiri atas terdapat tombol On/Off dan tempat untuk baterai. Baterai yang digunakan adalah 2 buah baterai berukuran AAA.

Bagian bawah Logitech K375sBagian baterai Logitech K375s

Lubang air dan beberapa bantalan juga masih dapat kita temukan pada keyboard wireless yang satu ini. Walaupun keyboard ini tidak tahan air. Tapi, berkat lubang air yang tersedia kita masih dapat tenang jika keyboard hanya terkena cipratan air. Bantalan yang ada di bawah keyboard juga membuat keyboard tidak mudah bergeser dari meja.

Bantalan dan lubang air Logitech K375s

Selain keyboard utamanya, dalam paket penjualan juga terdapat stand holder. Stand holder ini dapat anda gunakan untuk menempatkan smartphone atau tablet anda. Dengan catatan, perangkat yang anda miliki ketebalannya tidak lebih dari 10,5 mm.

Stand holder terbuat dari bahan plastik yang keras. Sebenarnya tidak ada yang istimewa dari stand ini, anda tetap dapat menggunakan stand lain jika anda memilikinya. Karena pada dasarnya stand yang tersedia hanyalah tempat untuk menaruh perangkat anda.

Stand holder 1 Logitech K375s

Kenyamanan

Ukuran. Walaupun ukuran keyboard ini tidak lah kecil yaitu 20,5 mm x 435,5 mm x 137,5 mm. Namun, berkat desainnya yang ramping membuatnya tidak terlalu menghabiskan area meja kerja. Ditambah lagi bobotnya hanya sekitar 475 g, bobot tersebut sudah termasuk dengan 2 buah baterai.

Multi Device. Salah satu alasan utama ketika saya memilih keyboard ini adalah kemampuannya untuk terhubung ke berbagai perangkat. Keyboard ini mendukung sistem operasi windows, android, mac OS, iOS, dan Chrome OS. Untuk konektivitasnya sendiri dapat menggunakan bluetooth dan receiver wireless. Receivernya sendiri telah mendukung Unifying System.

Receiver Logitech K375s

Sehingga, jika anda memiliki mouse Logitech yang juga mendukung Unifying System. Maka, anda dapat menggabungkannya dengan keyboard yang satu ini. Saya pribadi, menggabungkan perangkat ini dengan mouse Logitech M235.

Pairing dan mengetik. Kemudahan adalah hal yang akan anda rasakan ketika anda menghubungkan keyboard ini dengan perangkat lain. Cukup tekan tombol bluetooth selama 3 detik. Lalu, sambungkan dengan perangkat yang anda inginkan. Maka, dalam hitungan beberapa detik keyboard tersambung.

Ringan adalah hal yang saya rasakan ketika mengetik pada keyboard ini. Saya rasa ini adalah keyboard full size ternyaman yang saya rasakan sampai sejauh ini. Setidaknya lebih baik jika dibandingkan dengan Logitech MK345.

Walaupun begitu, saya merasakan sedikit delay ketika harus berpindah dari satu perangkat ke perangkat lain. Delaynya sekitar 1-2 detik. Delay yang sebenarnya tidak terlalu lama. Tapi, agak menganggu menurut saya.

Masalah lain, untuk beberapa aplikasi kita tidak bisa menggunakan tombol “Enter” sebagai send. Untuk beberapa aplikasi seperti SMS dan WhatsApp kita harus menekan tanda kanan sampai tanda send menyala lalu enter. Di aplikasi lain seperti LINE, bahkan cara tersebut tidak bisa digunakan. Ada kemungkinan beberapa aplikasi juga demikian. Jadi, kita harus menekan send secara manual pada layar perangkat yang kita miliki. Atau mengaktifkan fitur enter as send di settingan aplikasi anda jika memang ada.

Kesimpulan

Logitech K375s adalah sebuah keyboard wireless yang hampir ideal bagi saya. Bisa tersambung ke 3 perangkat sekaligus, bentuk ramping, mendukung unifying system. Namun, sayangnya beberapa detail sepertinya sedikit dilupakan oleh Logitech. Setidaknya ada 3 hal yang menurut saya kurang dari keyboard yang satu ini.

Pertama, tidak tersedianya tempat untuk menaruh receiver. Dengan tidak tersedianya slot tersebut. Maka, anda harus berhati-hati jika suatu saat harus membawa keyboard ini berpergian. Seperti yang anda lihat di atas, receiver yang tersedia sangat kecil. Jadi, tentunya akan sulit ditemukan jika suatu saat terselip atau jatuh.

Kedua, tidak tersedianya lampu indikator numlock, caplock, atau pun On/Off. Seharusnya lampu indikator tersebut dapat disediakan. Mengingat area yang tersedia masih cukup luas.

Area kosong Logitech K375s

Ketiga, tidak terdapat konektor untuk charging pada stand holder. Untuk yang satu ini sebenarnya bukan sebuah kekurangan. Tetapi, saya harap ini ada. Karena stand holder yang tersedia sebenarnya hanya stand holder biasa. Jika ditambahkan konektor untur charging pasti akan menambah fungsionalitas dari keyboard ini. Walaupun mungkin harganya pasti akan lebih mahal.

Jadi, untuk siapakah keyboard ini ? untuk anda yang sering terhubung dengan komputer, smartphone atau tablet secara bersamaan. Sering melakukan kegiatan mengetik antar perangkat dan memerlukan keyboard ukuran full size yang ringan. Serta, memiliki mouse yang mendukung unifying system bisa menjadi nilai tambah.

Semoga tulisan ini bisa membantu anda. Untuk hal-hal yang tidak ada pada tulisan ini, silahkan komentar di kolom komentar yang ada di bawah. Saya pun akan senang hati jika anda menambahkan hal-hal yang saya lewatkan.

Saya Mas Wahono undur diri.

See you on the next review.

Salam,

Juru Review.

