Edifier sebagai salah satu produsen perangkat audio memiliki produk dengan berbagai pilihan harga. Mulai dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah. Sebagai seorang konsumen yang memiliki budget terbatas, perhitungan masalah uang, atau dalam kata lain pelit. Maka, saya sering kali memilih produk dengan harga termurah. Tapi, faktor kualitas tentu tidak begitu saja saya abaikan. Setidaknya walaupun murah saya berharap produk itu bisa nyaman digunakan.

Di jajaran produk Edifier sendiri ada beberapa produk “murah” yang sering kali menjadi pilihan. Salah satunya Edifier H185. Saya sering kali melihat produk itu sebagai produk “best budget” dibeberapa forum audio dan beberapa website review. Tapi, di antara barang murah tentu ada barang murah lainnya. Walaupun tidak sebaik Edifier H185. Tapi, dari segi harga dan kualitas yang ditawarkan saya rasa ini bukanlah pilihan yang buruk. Inilah dia, Edifier H101.

Jadi, sebaik apa produk yang satu ini. Bersama Ono di sini, inilah review Edifier Earphone H101.

Dalam Kotak

Hal istimewa tidak saya temukan saat membuka kotaknya. Kotaknya sendiri terbuat dari plastik mika dengan balutan karton yang menunjukkan seri earphone dan informasi lainnya. Di dalamnya terdapat 1 unit Edifier H101, 2 busa earphone, dan selembar kertas informasi produk. Tidak terdapat softcase apalagi hardcase. Bahkan, busa cadangan pun tidak kita dapatkan dalam paket penjualannya.

Desain

Edifier H101 hadir dengan satu pilihan warna, yaitu merah hitam. Memiliki desain yang sederhana dengan garis tegas lurus pada driver atau kepala earphonenya. Keseluruhan kepala earphone terbuat dari plastik dengan balutan rubber atau karet pada bagian penopangnya.

Review Edifier H101

Di kedua kepala earphone terdapat tulisan Edifier dan lubang yang melengkung pada sisi luarnya. Sedikit aksen berbeda akan kita temukan pada kepala bagian kiri. Pada bagian tersebut terdapat tiga buah titik. Pada awalnya saya heran mengapa hanya pada bagian kiri saja yang memiliki tiga titik tersebut. Namun, ternyata kehadiran aksen kecil ini memberi kemudahan bagi saya untuk membedakan mana bagian kanan dan mana bagian kiri. Sehingga, saya tidak perlu lagi melihat tanda R (Right) dan L (Left) pada kepala earphone.

Aksen Kepala kiri Edifier H101

Lalu, seperti earphone pada umumnya. Pada bagian dalam earphone terdapat lubang-lubang yang menjadi sumber suara. Sebagai pelengkap kita juga diberikan busa untuk menyelubungi kepala earphone. Namun, sayangnya kita hanya diberikan satu pasang busa. Busa yang disediakan juga menurut saya terlalu tipis dan sepertinya mudah sobek. Ada baiknya anda menggantinya dengan busa yang kualitasnya lebih baik.

Beralih ke bagian kabel, pada bagian tengah terdapat splitter antara kabel kanan dan kiri. Lalu, tepat di atasnya terdapat adjustment untuk mengatur panjang pendek kabel. Sebuah fungsi standar yang sering kita temui pada produk sejenis. Walaupun begitu, kehadiran fungsi ini membuat kabel sedikit rapi.

Jack 3,5 mm pada earphone ini berbentuk lurus dan sudah gold plated. Saya pribadi suka dengan bentuk jack yang lurus seperti ini. Karena membuat saya lebih mudah mengakses handphone/player saya jika dimasukkan kedalam saku.

Kenyamanan

Jika bicara kenyamanan, hal pertama yang ingin saya komentari adalah busanya. Walaupun terlihat tipis. Secara mengejutkan busa yang disediakan terasa nyaman ketika masuk ketelinga. Busanya lembut dan sedikit mengisolasi suara dari luar.

Kenyamanan Edifier H101

Ketika pemakaian lebih dari 1 jam barulah earphone terasa menusuk telinga. Kemampuannya untuk mengisolasi suara dari luar walaupun tidak buruk tapi sepertinya harus diuji kembali. Tapi, sepanjang saya menggunakan earphone ini. Isolasinya cukup untuk membuat saya tidak bisa diajak mengobrol ketika menggunakannya. Volume suara musik yang biasa saya dengarkan berkisar antara 40-50.

Apakah cukup bisa mengisolasi suara ketika ada di kendaraan umum ? kereta, bus, atau ojek ? Untuk itu saya belum bisa menjelaskannya. Perihal ini, akan saya update jika ada kesempatan. Karena saya memang sangat jarang menggunakan kendaraan umum.

Lalu, bagaimana kualitas suaranya ? menurut saya karakter Edifier H101 cenderung bright, memiliki detail yang baik, dengan bass yang tipis. Untuk tahu lebih jelas tentang karakteristik perangkat audio silahkan klik disini.

Selama satu bulan terakhir saya menggunakan earphone ini untuk mendengarkan satu album Yang Patah Tumbuh Yang Hilang Berganti dari Banda Neira dan album AMBITIONS dari ONE OK ROCK. Ketika mendengarkan lagu Langit dan Laut dari Banda Neira, suara angin dan ombak yang ada diawal lagu dapat terdengar dengan jelas. Saat mendengarkan lagu Taking Off dari ONE OK ROCK tabuhan drum yang disajikan dapat terdengar jelas tapi kurang powerfull.

Player yang saya gunakan : Spotify, Redmi 4A, Redmi 2, Lenovo G480.

Intinya. Menyenangkan untuk digunakan mendengarkan akustik dan musik yang mengedepankan vocal. Tapi, diluar itu rasanya biasa saja.

Kesimpulan

Jika anda memiliki budget yang sangat terbatas dengan kisaran budget dibawah 100 ribu, ingin desain earphone yang menarik, pilihan lagu yang didengarkan terbatas pada musik-musik seperti akustik dan yang mengedepankan vocal. Maka, Edifier H101 bisa menjadi pilihan yang patut anda coba. Ditambah lagi dengan segala hal di atas, kita masih mendapatkan garansi 1 tahun.

Hal yang mungkin kurang adalah tidak tersedianya mic, kabel tipis, minim aksesoris (tidak ada softcase, hardcase, atau busa cadangan). Bass yang disajikan juga sangat tipis.

Dan yang perlu digaris bawahi, semua yang saya tuliskan di sini berdasarkan pengalaman penggunaan pribadi selama ± 2 bulan. Jadi, jika anda memiliki rekomendasi, pertanyaan, ataupun saran. Silahkan komentar di kolom komentar yang ada di bawah.

Saya Mas Wahono, undur diri.

See on the next review. Selamat berakhir pekan.

Salam,

Juru Review.

Advertisements