Di 2018 ini, Xiaomi sepertinya semakin serius untuk menggarap pasar Indonesia. Keseriusan itu terlihat dari makin banyaknya Mi Store yang dibuka. Mi Store sendiri adalah gerai yang secara resmi menjual produk-produk Xiaomi yang dipasarkan di Indonesia.

Pada Minggu, 11 Maret 2018, jam 10.00 WIB. Xiaomi melakukan Grand Opening Mi Store terbarunya, yang bertempat di Mall Kelapa Gading, Lt. 1, Unit F no. 286. Sama halnya dengan grand opening empat Mi Store lainnya. Grand opening kali ini pun menciptakan keramaian yang membuat saya geleng-geleng kepala.

Seperti apa acara Grand Opening tersebut ? Bersama Ono disini. Inilah review event Grand Opening Mi Store Mal Kelapa Gading.

Mengantri Dari Pagi

Mengantri adalah satu hal yang menjadi pasti dibeberapa pembukaan Mi Store di Indonesia. Bahkan antrian telah ada sejak mall belum dibuka. Untuk antrian kali ini Xiaomi menyediakan tempat khusus, berlokasi tidak jauh dari lapangan parkir mobil di Mall Kelapa Gading 1.

Antrian MI Store Kelapa Gading 2 Jam 7

Antrian telah terjadi sejak jam 07:00 pagi sampai sekitar jam 10:00 untuk puncaknya. Antriannya dibagi berdasarkan perangkat yang ingin dibeli. Dari apa yang saya lihat, setidaknya ada tiga jalur antrian. Antrian untuk Redmi 5A, smartphone Xiaomi selain Redmi 5A, dan produk ekosistem Xiaomi (speaker, tas, powerbank, dll).

Antrian banyak terjadi di jalur Redmi 5A dan smartphone Xiaomi lainnya. Antrian juga terjadi di jalur produk ekosistem Xiaomi tetapi tidak seramai di dua jalur sebelumnya.

Antrian Ekosistem MI Store Kelapa Gading
Jalur Antrian Produk Ekosistem Xiaomi

Dari banyaknya para pengantri, ada yang memang baru pertama kali mengantri. Namun, ada juga yang pernah mengantri di pembukaan Mi Store lainnya. Jika sudah mengantri di Store lain, mengapa ikut mengantri lagi ? banyak alasannya. Ada yang memang tidak kebagian di store sebelumnya, ada yang ingin membeli lalu dijual kembali, atau memang ingin membeli untuk sanak saudara. Sebuah fenomena yang sebelumnya saya kira hanya bisa terjadi di produsen ponsel sebelah.

Lebih Rapi

Di pembukaan Mi Store ke 5 nya ini, Xiaomi sepertinya telah belajar banyak dari pembukaan Mi Store sebelumnya. Dari beberapa obrolan saya dengan pengunjung lain. Mereka mengatakan bahwa antrian di Mi Store Kelapa Gading lebih rapi dan terorganisir. Jika, dibandingkan dengan pembukaan Mi Store di Emporium Mall Pluit. Dimulai dari tersedianya tempat antrian khusus sampai pemberian kupon.

IMG_20180311_074125_HDR

Untuk jalur Redmi 5A dan tipe smartphone lainnya, pengantri akan diberikan kupon sesuai dengan perangkat yang ingin dibeli. Kupon di atas menunjukkan bahwa perangkat yang ingin dibeli adalah Redmi 5 dengan RAM 3 GB dan Internal 32 GB. Jika kita sudah mendapatkan kupon seperti ini, maka dapat dipastikan kita bisa membeli perangkat tersebut.

Mengenai kuantitas yang bisa dibeli, satu orang hanya bisa membeli satu perangkat. Jika ingin membeli lebih dari satu maka harus mengantri dari awal. Untuk hari ini, tersedia 500 Redmi 5A, 300 Redmi 5/Redmi 5 Plus, serta beberapa perangkat lainnya.

Diskon

Selain Redmi 5A, Redmi 5, dan Redmi 5 Plus. Xiaomi juga memberikan beberapa diskon untuk produk ekosistemnya. Sebut saja Mi Pen yang tadinya Rp 69.000 menjadi Rp 6.900.

Promo Mi Store Kelapa Gading 2

Promo Mi Store Kelapa Gading

Mi Store

Mi Store Mall Kelapa Gading menjual berbagai produk dari Xiaomi. Dimulai dari tas, powerbank, miband, earphone, headphone, dan tentunya smartphone. Tidak banyak detail yang dapat saya tunjukkan pada kunjungan saya kali ini. Karena, banyak yang mengantri dan waktu juga terbatas.

MI Store Kelapa Gading 2

MI Store Kelapa Gading 1

Untuk anda yang ingin berkunjung ke sini. Anda dapat menemukannya bersebelahan dengan Global Teleshop dan Starbucks.

Kesan

Setelah seharian mengikut acara pembukaan ini. Saya rasanya harus akui jika Xiaomi setidaknya telah mencoba melakukan hal terbaik untuk para konsumennya.

Dengan dibukanya Mi Store ke 5 ini, maka kesempatan untuk mengakses produk-produk Xiaomi semakin banyak. Sekarang, hanya tinggal mengatur ketersediaannya saja. Karena, sampai saya meninggalkan lokasi (sekitar jam 13:00 WIB). Masih terlihat antrian padahal produk yang tersedia terbatas. Jadi, kemungkinan besar ada beberapa orang yang tidak berhasil mendapatkan Redmi 5A, Redmi 5, Redmi 5 Plus atau perangkat lainnya.

Dengan ini pula, saya berharap Xiaomi dapat menghadirkan produk flagshipnya secara resmi di Indonesia. Karena, sangat sayang rasanya jika konsumen yang tumbuh ini tidak diberikan kesempatan mencoba produk flagship Xiaomi.

Saya Mas Wahono undur diri.

See you on the next review.

Salam, Juru Review.

Advertisements